Kisah Pembalap Tertua Tour de Singkarak yang Jatuh Cinta dengan Sumatera Barat

Rabu, 7 November 2018 13:06 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pembalap sepeda asal Belanda, Lex Nederlof turut ambil bagian dalam ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2018 di Sumatera Barat pada 4-11 November 2018. Uniknya, Nederlof menjadi pengendara sepeda profesional tertua saat ini, yakni dalam usia 52 tahun.

Tour de Singkarak 2018 sendiri merupakan salah satu balapan terpanjang di Asia Tenggara, dengan jarak total 1.267 kilometer dan melintasi 16 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Meski demikian, Nederlof tetap menikmati balapan panjangnya tersebut.

“Saya sangat senang bisa kembali ke sini di tur ini. Balapan yang cantik, pemandangan yang indah. Selalu senang bisa kembali ke sini,” ungkap Nederlof di Dermaga Danau Singkarak pada Selasa (06/11/18) sebagaimana dilansir dari Antara.

Pembalap yang membela Tim Nex CCN tersebut bahkan sudah menganggap Sumatera Barat sebagai rumah keduanya, lantaran tur tahun 2018 ini merupakan kali ketujuh keikutsertaannya dalam lomba tersebut.

“Saya kira saya kenal jalanan di sini lebih baik daripada orang-orang setempat,” tambah Nederlof sembari tertawa.

Selain Tour de Singkarak, pembalap kelahiran tahun 1966 ini juga rutin mengikuti balap sepeda lainnya yang diselenggarakan di Indonesia, seperti Tour de East Java dan Tour de Banyuwangi Ijen, serta sejumlah tur lainnya di Asia Tenggara.

Tahun depan akan menjadi tahun ke-40 bagi Nederlof menjalani karier sebagai pembalap sepeda berlisensi dari UCL.

Penulis: Martini

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM