Juara Balap Sepeda Prancis Akui Beruntung Selamat dari Kecelakaan Maut

Minggu, 16 Juni 2019 20:14 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Juara empat kali balapan sepeda Tour de France, Chris Froome, mengaku kalau dirinya beruntung karena masih selamat dari kecelakaan maut saat latihan.

Chris Froome, asal Inggris Raya, mengalami kecelakaan ketika mengikuti etape keempat lomba balapan sepeda jalan raya, Criterium de Dauphine, Prancis, pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019.

Froome yang memacu sepedanya dengan kecepatan 35 mil per jam (mph) di jalan menurun kawasan tebing, tiba-tiba terhempas tiupan angin yang kencang membuatnya terhempas ke dinding tebing.

Akibat kecelakaan tersebut, juara Tour de France 4 kali itu menderita cedera patah tulang di paha kanannya, siku kanannya, dan tulang rusuk, hingga membuatnya masih dirawat intensif di rumah sakit.

"Saya sadar kalau saya sangat beruntung masih bisa berada di tempat ini dan berterima kasih kepada para petugas kesehatan yang telah berpacu melawan waktu untuk bisa menyelamatkan saya," ujar Froome dikutip dari berita olahraga laman Metro.

Froome harus menjalani operasi selama enam jam di Rumah Sakit Universitas Saint-Etienne, Prancis, dan terpaksa absen dari turnamen Tour de France 2019 yang bakal digelar pada 6 Juli mendatang.

"Pemulihan akan membutuhkan waktu yang lama. Tetapi awal pemulihan akan dimulai dari sekarang dan saya akan sangat fokus untuk bisa kembali ke kondisi terbaik saya," pungkasnya.

Akibat kecelakaan ini, Froome harus mengubur impiannya untuk sementara waktu merebut juara Tour de France untuk kali kelima di sepanjang kariernya karena harus memulihkan cedera yang membutuhkan waktu tidak sebentar.