Sukses Gelar Gowes Nusantara, Pemkab Purbalingga Harapkan Perhatian Lebih dari Pemerintah Pusat

Senin, 2 September 2019 01:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Bupati Purbalingga dan perwakilan Kemenpora membuka acara Gowes Nusantara di Purbalingga. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Bupati Purbalingga dan perwakilan Kemenpora membuka acara Gowes Nusantara di Purbalingga.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Kabupaten Purbalingga sukses menggelar acara sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019, Minggu (01/09/19) yang diikuti lebih dari 7000 peserta.

Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) yang mengambil tema 'Kita Semua Bersaudara'.

Kegiatan Gowes Nusantara kali ini dibuka oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi sekitar pukul 07:00 WIB. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih dan bertekad mengenalkan olahraga ke masyarakat.

"Yang pertama kami ucapkan terima kasih pada Kemenpora yang telah berikan kesempatan pada kami menggelar acara Gowes. Ini ajang silatuhurahmi penggemar sepeda yang ada di Purbalingga dan sekitarnya," ucapnya.

"Ini sekaligus memasyarakatan olahraga dan juga mengolahragakan masyarakat melalui bersepeda, agar senatiasa sehat, bugar sehingga bisa membangun daerah, bangsa dan negara," imbuh Dyah Hayuning Pratiwi.

Lebih lanjut, Dyah Hayuning Pratiwi berharap pemerintah pusat, melalui Kemenpora lebih memperhatikan pembangunan fasilitas olahraga di daerah, termasuk di Purbalingga. Menurutnya, ada banyak bibit-bibit atlet yang belum terekspos karena minimnya perhatian.

"Jadi di Purbalingaa cukup banyak komunitas sepeda dan penggemar olahraga lainnya, jadi kalau ada acara seperti ini sangat antusias. Ada sepak bola dan olahraga lainnya yang juga dapat perhatian besar disini," tuturnya.

"Kami harap dari Kemenpora bisa lebih perhatikan pembinaan olahraga di daerah, karena bibit unggul biasanya muncul di daerah. Sebenarnya ada bakat terpendam yang perlu dibina jadi kami harap pemerinta pusat mendampingi, agar bibit-bibit ini bisa muncul," sambungnya.

Selain sepeda santai, Pemkab juga menggelar lomba sepeda hias dengan tema 'Merdeka' yang memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Di akhir acara, panitia juga menyiapkan berbagai hadiah yang diundi antara lain, hadiah utama berupa sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, televisi, dan ratusan doorprice menarik lainnya.

Program Gowes Nusantara bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Pada tahun ini, ada 50 titik Kabupaten/Kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September.