Meriahnya Gowes Nusantara di Purbalingga, Aksi BMX hingga Ontel

Minggu, 1 September 2019 13:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Semarak peserta Gowes Nusantara 2019 di Purbalingga. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Semarak peserta Gowes Nusantara 2019 di Purbalingga.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora), Minggu (01/09/19) menggelar sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019. Gowes Nusantara yang digelar mengambil tema 'Kita Semua Bersaudara'.

Gowes Nusantara di Purbalingga menempuh rute sejauh 12 kilometer di seputaran kota dengan total peserta hingga 7000 orang. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sekitar pukul 07:00 WIB.

Masyarakat Purbalingga nampaknya sangat antusias mengikuti acara kali ini. Terbukti, mereka sejak pukul 06:00 WIB telah berkumpul di alun-alun kota dengan beragam sepeda yang dipakai seperti sepeda gunung, fixie, BMX hingga sepeda ontel.

"Sangat senang tentunya. Selain buat refreshing, acara ini juga kan buat kita semakin sehat. Cuma rutenya terlalu pendek," ujar Imran Fauzi, salah satu peserta Gowes Nusantara Purbalingga begitu menyentuh garis finish.

Selain sepeda santai, Pemkab juga menggelar lomba sepeda hias dengan tema 'Merdeka' yang memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Di akhir acara, panitia juga menyiapkan berbagai hadiah yang diundi antara lain, hadiah utama berupa sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, televisi, dan ratusan doorprize menarik lainnya.

Program Gowes Nusantara bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Pada tahun ini, ada 50 titik Kabupaten/Kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September.