Tour de Banyuwangi Ijen 2019: Podium Milik Australia, Indonesia 10 Besar

Sabtu, 28 September 2019 22:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© TdBI
Etape terakhir menjadi penentu Robbie Hucker sebagai juara umum International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019, Sabtu (28/9/2019). Copyright: © TdBI
Etape terakhir menjadi penentu Robbie Hucker sebagai juara umum International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019, Sabtu (28/9/2019).

INDOSPORT.COM – Perhelatan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 telah memasuki etape terakhir pada Sabtu (28/09/19). Pembalap Australia dari tim UKYO, Robbie Hucker sukses mencapai garis finish di sepuluh besar, sekaligus menjadi juara umum ITdBI tahun ini.

Robbie Hucker sukses mengungguli dua pesaing terdekatnya, Michael Vink (St George Continental Cycling Team), dan Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) dalam balapan yang melintasi tanjakan tipe hors categorie (HC) menuju Paltuding, Gunung Ijen, sepanjang 25 km.

Sementara itu Thomas Lebas (Kynan Cycling Team) menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finish dengan catatan waktu 3 jam 47 menit 51 detik. Sedangkan Amir Kolahdozhagh (Taiyuan Miogee Cycling Team) menempati peringkat kedua.

Robbie Hucker sendiri pembalap kedelapan yang melintasi garis akhir di etape keempat. Ia terpaut 2 menit 50 detik dari Lebas. Meski demikian, pencapaian ini membuat Hucker naik ke posisi pertama dalam general classification kategori pembalap.

Menariknya, ini merupakan kali pertama Robbie Hucker melintasi etape Tour de Banyuwangi Ijen, yang melintasi rute Pasar Purwoharjo hingga Gunung Ijen dengan total sepanjang 129,9 km.

“Saya sangat senang bisa mendapatkan yellow jersey, sekaligus menjadi pemenang di sini (ITdBI 2019). Saya berulang kali datang ke Indonesia. Akan tetapi, saya baru pertama kali ini datang ke Banyuwangi,” ungkapnya.

Gelar ini sekaligus menjadi yang kedua untuk rider berusia 29 tahun tersebut. Sebelumnya, Robbie Hucker menjadi yang terbaik dalam Tour de Taiwan 2016.

Sementara itu untuk kategori pembalap Indonesia terbaik alias jersey Merah Putih disabet Aiman Cahyadi. Rider PGN Road Cycling Team itu mengungguli Muhammad Abdurrohman, dan Agung Sahbana. Rohman dan Agung berasal dari tim yang sama, KFC Cycling Team.

Hanya saja Aiman mengaku tak puas meski telah mendapatkan Red and White Jersey di ITdBI 2019. Ia belum mampu menembus sepuluh besar pembalap sepeda tercepat, dan kalah oleh Abdurrohman yang finish di peringkat kesepuluh.

“Padahal target saya adalah mencari poin di sini, (ItdBI 2019), tetapi masuk sepuluh besar saja tidak. Meski demikian, saya tetap bersyukur karena menjadi juara di stage kedua,” ucap pembalap kelahiran Bandung tersebut.

Berikut hasil Etape 4 International Tour de Banyuwangi Ijen 2019 (sepuluh besar):

1. Thomas Lebas, Kinan Cycling Team, 3 jam 47 menit 51 detik

2. Amir Kolahdozhagh, Taiyuan Miogee Cycling Team +0.49 detik

3. Benjamin Prades, Team UKYO +0.59

4. Yecid Arturo Sierra Sanchez, Taiyuan Miogee Cycling Team +1.01

5. Benjamin Dyball, Team Sapura Cycling +1.54

6. Damien Monier, Aisan Racing Team +1.54

7. Sam Crome, Team UKYO +2.50

8. Robbie Hucker, Team UKYO +2.50

9. Michael Vink, St George Continental Cycling Team +3.00

10. Muhammad Abdurrohman, KFC Cycling Team +4.40