L'Etape Indonesia, Balap Sepeda ala Tour de France di Lombok

Kamis, 27 Februari 2020 13:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Aziz Purnomo/INDOSPORT
Ajang balap sepeda bertajuk L Etape Indonesia by Tour de France di Lombok. Copyright: © Aziz Purnomo/INDOSPORT
Ajang balap sepeda bertajuk L Etape Indonesia by Tour de France di Lombok.

INDOSPORT.COM - Promotor olahraga asal Indonesia, Rocca akan menghadirkan olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) bertaraf internasional yang bertajuk L'Etape Indonesia by Tour de France di Lombok pada tanggal 5 April 2020 dengan mengajak kerja sama Amaury Sport Organization (ASO), sebagai penyelenggara event Tour de France.

Di tahun 2020 adalah keberuntungan ada di para pehobi sepeda yang ingin merasakan ketegangan dan sensasi balap sepeda ala Tour de France. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dengan pertama kalinya menyelenggarakan event lomba balap legendaris tersebut.

Diketahui, pihak penyelenggara akan memanjakan pencinta sepeda balap ala Tour de France dengan membuka 2 kategori lomba, yaitu sensasi balapan di jarak 135 km dan 80 km.

Direktur Event L'Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin, mengungkapkan balapan ini sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia.

"Balapan inimenarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung baik dari lokal maupun internasional. Ssaat ini sudah hampir 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini," tuturnya.

L'Étape Indonesia by Tour De France yang  akan diselenggarakan di Kuta Mandalika, Lombok mendapatkan respons positif dari pemerintah pusat dan daerah. Kawasan tersebut terpilih sebagai tempat menyelenggarakan event ini, karena merupakan kawasan ekonomi khusus pariwisata.

"Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara insfrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional," ujar Zulkieflimansyah, Gubernur Nusa Tenggara Barat

Terselenggaranya event internasional ini dapat menjadi penggerak ekonomi kreatif sekaligus menghasilkan putaran ekonomi serta meningkatnya pendapatan di daerah.

Tak Ketinggalan komunitas Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pun ikut menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaran event internasional L'Étape Indonesia by Tour de France.

ISSI berharap dari event-event amatir seperti ini akan memunculkan bakat pembalap-pembalap sepeda profesional Indonesia.

Penulis: Aziz Purnomo