Tertunda Akibat Corona, Tour De France Digeser Bulan Agustus

Rabu, 15 April 2020 23:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Reuters
Tour de France 2020 bakal mundur ke bulan Agustus. Copyright: © Reuters
Tour de France 2020 bakal mundur ke bulan Agustus.

INDOSPORT.COM –  Kejuaraan balap sepeda paling bergensi di dunia, Tour de France, resmi ditunda  sampai bulan Agustus mendatang menyusul pandemi virus corona yang mewabah di Eropa.

Kejuaraan sepeda Tour De France 2020 yang dijadwalkan berlangsung selama 23 hari itu sedianya akan dimulai pada 27 Juni mendatang, bertolak dari kota Nice, Perancis.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, acara tersebut terpaksa ditunda setelah pemerintah Prancis melalui Presiden Emmanuel Macron melarang kegiatan kerumunan publik sampai pertengahan Juli, demi memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19 di negara tersebut.

“Festival besar dan acara dengan kerumunan besar tidak akan bisa diadakan sampai setidaknya pertengahan Juli,” kata Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Demi mematuhi imbauan pemerintah maka pihak penyelenggara pun menjadwal ulang kejuaraan balap sepeda itu pada tanggal 29 Agustus hingga 20 September mendatang.

Sebagaimana diketahui, Tour de France merupakan kejuaraan olahraga balap sepeda yang diminati banyak orang. Peserta dari turnamen ini bahkan berasal dari seluruh dunia, dengan penonton akan hadir dalam jumlah yang masif.

Pihak penyelenggara pun tidak ingin mengambil risiko nekat menggelar acara tersebut sesuai rencana sementara pandemi virus corona masih menghantui tuan rumah Prancis. 

Meski begitu, digesernya jadwal Tour de France menjadi bulan Agustus itu akan berbentukan dengan ajang Vuelta a Espana yang akan berlangsung mulai 14 Agustus hingga 6 September.

Ini bukan pertama kalinya ajang Tour de France mengalami pergeseran jadwal. Sejak pertama kali digelar pada 1 Juli 1903, kejuaraan ini hanya pernah mengalami penundaan dan pembatalan pada periode Perang Dunia I (1914-1918) dan Perang Dunia II (1939-1945).