Keren! Bike To Care 2022 Sukses Raih Rp750 Juta untuk Kehidupan Anak Indonesia

Kamis, 21 April 2022 11:39 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© SOS Children’s Villages Indonesia
Perjuangan 50 pesepeda Bike To Care 2022. Foto: SOS Children’s Villages Indonesia. Copyright: © SOS Children’s Villages Indonesia
Perjuangan 50 pesepeda Bike To Care 2022. Foto: SOS Children’s Villages Indonesia.

INDOSPORT.COM  – Perhelatan Bike To Care 2022 yang  sebagai perjuangan dalam upaya menggalang dana bagi kehidupan anak-anak Indonesia bersama para pesepeda dan mitra telah usai.

Dengan tagar #BaliLoop 500KM, sebanyak 50 pesepeda telah menyelesaikan misi mengayuh sejauh 500KM mengelilingi Pulau Dewata, Bali. Tidak hanya itu, 250 pesepeda virtual telah mengayuh 500KM dari kota masing-masing semenjak bulan Februari lalu.

Laman donasi di kitabisa.com/biketocare juga sudah resmi ditutup pada 8 April 2022 kemarin dengan total donasi terkumpul sejumlah Rp 754.166.846 dari 9.228 donatur.

Dengan tagline #MengayuhUntukAnak, misi tahun ini untuk untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia, khususnya mereka yang kehilangan orang tua akibat pandemi Covid-19.

Sebagaimana yang kita ketahui, pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia pada 2 tahun belakangan ini, sejak pertama kali menyebar di Wuhan.

Menurut data Kementrian Sosial Republik Indonesia pada September 2021 sebanyak 37.951 anak di Indonesia telah kehilangan orang tua mereka akibat pandemi.

Selain itu, dampak ekonomi yang memburuk akibat pandemi juga membuat anak-anak beresiko tidak terpenuhi kebutuhannya dan mengancam masa depan mereka karena ketidakmampuan untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Berangkat dari latar belakang tersebut, yayasan SOS Children’s Villages menginisiasikan kegiatan Bike to Care sebagai salah satu gerakan sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak melalui olahraga bersepeda.

Diselenggarakan secara hybrid, yaitu virtual dan offline, Bike To Care 2022 #BaliLoop 500 KM membawa makna dan misi baru dalam olahraga yang melibatkan 50 pesepeda offline, 250 pesepeda virtual, ribuan donatur, hingga para mitra korporasi dan media yang berkomitmen untuk mendukung anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua.

“SOS Children's Villages berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang," ujar Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages.

"Melalui berbagai inisiasi, salah satunya Bike to Care kami berusaha untuk mewujudkan komitmen tersebut. Kami juga secara aktif mendukung hak-hak anak dan kami juga ingin mengajak lebih banyak lagi #PejuangAnak di Indonesia."

"Menyaksikan sendiri perjuangan para pesepeda mengarungi hujan badai dan panas terik di Bali, menyadarkan saya bahwa ada begitu banyaknya orang baik di negeri ini yang peduli akan masa depan generasi bangsa kita," lanjutnya.