Target 2 Emas dan 1 Perak, PTMSI Maksimalkan Persiapan Menuju SEA Games 2023

Jumat, 3 Maret 2023 00:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© SEA Games 2023
Logo SEA Games 2023 Copyright: © SEA Games 2023
Logo SEA Games 2023

INDOSPORT.COM - Mengusung target dua medali emas dan satu perak, Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) akan memaksimalkan persiapan menuju SEA Games 2023 di Kamboja. 

Target tersebut tentu sudah melalui pertimbangan matang berdasarkan hasil evaluasi terakhir cabang olahraga tenis meja dalam rangka persiapan SEA Games 2023 di Kantor NOC Indonesia Lantai 18 FX Mall Senayan, Jakarta, pada Senin (27/2/23). 

Ketua Umum PTMSI, Komjen Pol (Purn) Oegroseno, menyebut target itu bukan suatu hal yang memberatkan, tapi tetap harus diperjuangkan semaksimal mungkin di SEA Games 2023

"Tak ada yang berat selagi punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu, termasuk mewujudkan target dua emas dan satu perak di SEA Games Kamboja nanti," kata Oegroseno dalam siaran pers resmi yang dikirim ke sejumlah media di Jakarta, Kamis, (2/3/23). 

Mantan Wakapolri itu kemudian menjelaskan bahwa persiapan menuju SEA Games Kamboja juga tidak main-main. PTMSI pun akan all out mewujudkannya karena masyarakat tenis meja Indonesia sudah lama merindukan medali emas di pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara itu. 

PTMSI seperti dikatakan Oegroseno akan mempersiapkan enam atlet (3 putra dan 3 putri) menghadapi SEA Games 2023. Keenamnya merupakan atlet nasional yang telah disiapkan sejak SEA Games Filipina 2019 dan Vietnam 2022. 

"Mereka ini bukan asal comot begitu saja tetapi berdasarkan rekam jejak prestasinya seperti telah menjuarai Kejurnas Tenis Meja di Yogyakarta pada Juli 2022 dan seleknas di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ)," tambah mantan Kapolda Sumut ini. 

Oegroseno juga menjelaskan bahwa seleksi nasional merupakan proses yang cukup berat bagi para atlet karena dilakukan oleh tenaga tenaga profesional di Kampus UNJ. Melalui tahapan tes sembilan tahapan tes: daya tahan, body competition, antopometri, fleksibilitas, kekuatan otot, reaksi, vertikal jump power, agility dan koordinasi. 

Sebagai rangkaian dari pemantapan dan pematangan persiapan, kata Oegroseno, para atlet akan menjalani pelatnas selama dua bulan sekaligus try out mengikuti kejuaraan WTT Star Contenderdi Bangkok Thailand pada April mendatang. 

Ada pun nama-nama atlet yang dipersiapkan menuju SEA Games ke-32 Kamboja adalah Rafanael Nikola Norman, Hafidh Nuur Annafi, Affan Mauludana Pratama (putra), Novida Widarahman, Siti Aminah dan Dwi Oktaviany Sugiarto (putri). 

Nama-nama mereka itu sudah didaftarkan ke NOC Indonesia dalam bentuk Entry by Name ke panitia SEA Games 2023. PTMSI sekaligus mengirimkan dua orang wasit tenis meja dengan sertifikat internasional (IJ) berdasarkan undangan resmi dari SEATTA untuk bertugas di sana.