Pacquiao Disuruh Pilih antara Karier Tinju dan Politiknya

Selasa, 11 Juli 2017 01:07 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Manny Pacquiao lagi-lagi disarankan untuk pensiun, tak lama setelah gagal mempertahankan gelar juara dunia WBO kelas welter dari petinju Australia, Jeff Horn.

Dalam pertandingan tinju yang berlangsung di Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, pada Minggu (02/07/17) lalu tersebut, Horn berhasil memenangkan pertandingan melawan Pacquiao dalam 12 ronde, setelah ketiga hakim memberi angka 117-111, 115-113, dan 115-113.

Sang pelatih, Freddie Roach pun menyarankan Pac-Man untuk segera pensiun dan berfokus sebagai senat di negeri asalnya. Ia juga menyarankan Pacquiao untuk tanding ulang dengan Horn sebelum pensiun dan mengubur kesempatan duel ulang dengan Floyd Mayweather.

© INDOSPORT
Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn. Copyright: INDOSPORTManny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn.

Senada dengan Roach, promotor Top Rank, Bob Arum, juga menyarankan hal yang sama. Petinju 38 tahun ini harus memilih untuk fokus di salah satu kariernya, apalagi setelah terpilih sebagai senat, Pacquiao mengemban beban yang lebih berat.

"Jika ia akan melawan petinju ini lagi, ia harus serius berlatih keras dan mengevaluasi apa yang salah di pertarungan pertama. Namun jika kewajiban senatnya mengganggu latihannya, ia sebaiknya pensiun," kata Arum kepada The Manila Times.

Baca Juga

"Saya akan berbicara ke Manny dalam waktu satu atau dua minggu dari sekarang. Saya akan menunggu badannya untuk pulih dulu. Mungkin saya akan ke Manila dan General Santos lalu berbicara empat mata dengannya. Jadi saya akan tahu apa keputusan yang akan ia ambil. (Semoga) itu keputusan yang pintar," lanjutnya.

© INTERNET
Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao dikabarkan akan kembali ke ring tinju untuk melawan Jessie Vargas November mendatang. Copyright: INTERNETPetinju asal Filipina, Manny Pacquiao saat melawan Floyd Mayweather pada 2015.

"Semua orang sebaiknya santai saja seperti apa yang saya bilang ke Manny dan Jinkee (istri Pacquiao). Pikirkan apa yang ia mau lakukan. Jika ia mau pensiun, oke. Kami akan membuat selebrasi dan jika ia mau tanding ulang juga bisa. Kami akan mengaturnya. Tak ada yang boleh menekannya dan ia tak perlu terburu-buru," tandas Arum.