Xu Can, Petinju Termuda yang Meraih Gelar Juara Dunia WBA

Minggu, 27 Januari 2019 21:12 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Petinju asal China, Xu Can Copyright: © Getty Images
Petinju asal China, Xu Can

INDOSPORT.COM - Setelah menaklukkan juara bertahan kelas bulu, Jesus Rojas dari Puerto Rico dengan angka mutlak, Xu Can, petinju asal China berhasil mencatatkan namanya sebagai gelar juara dunia pertama versi WBA di Houston, Amerika pada Sabtu (26/01/19) waktu setempat atau Minggu jika disesuaikan dengan WIB.

Petinju yang baru berusia 24 tahun ini sukses mencatatkan kemenangannya dengan angka 117-111, 116-112, dan 118-110. Selain itu, Xu juga tampil sebagai juara dunia tinju pro dengan usia termuda yang berasal dari China.

Demi penampilan keduanya di Amerika Serikat ini, Xu mempersiapkan segalanya dengan matang. Karena seperti yang dilansir dari kantor berita Xinhua, momen memperebutkan gelar juara dunia tinju pro ini sangat penting baginya.

"Saya datang ke sini, saya tahu pertarungan akan berat jadi saya melakukan persiapan diri," ujar Xu.

"Ini impian saya sejak kecil, juga impian ayah saya, dan saya dapatkan hari ini," timpal lelaki kelahiran Provinsi Jiangxi tersebut.

© Getty Images
Petinju asal China, Xu Can Copyright: Getty ImagesPetinju asal China, Xu Can

Namun, meski persaingan sangat ketat, Xu mengaku sangat segan dan menghargai sang rival di luar pertandingan, "Saya hormati lawan saya, Rojas, kawan saya, ia petinju tangguh, tapi saya sudah yang yakin bisa menang," ungkapnya.

Laga sengit ini digelar di markas tim bola basket NBA, Houston Rockets tepatnya di Toyota Center Houston, Texas.

Konon katanya, tempat tersebut merupakan “tempat keberuntungan” bagi para atlet China yang berlaga atau bertanding disana. Pasalnya, pebasket legendaris China, Yao Ming pernah menjadi sosok hebat di arena tersebut.

Dengan gelar yang baru saja Ia raih, resmi Xu telah mengumpulkan rekor dengan 16 kali menang, termasuk dua dengan KO dan dua kali kalah sepanjang kariernya.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT