Manny Pacquiao Siap Kembali ke Ring Tinju setelah Pandemi Berakhir

Senin, 13 April 2020 11:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tommaso Boddi/Getty Images
Manny Pacquiao masih akan bertinju namun untuk saat ini fokusnya adalah menangani wabah corona di Filipina. Copyright: © Tommaso Boddi/Getty Images
Manny Pacquiao masih akan bertinju namun untuk saat ini fokusnya adalah menangani wabah corona di Filipina.

INDOSPORT.COM - Setelah pandemi corona berakhir, petinju profesional terbaik sepanjang masa asal Filipina, Manny Pacquiao, dikabarkan akan kembali bertarung meskipun telah berusia 41 tahun.

Dilansir dari laman Worldboxingnews, kabar baik bagi penggemar tinju di seluruh dunia tersebut dibenarkan oleh penasihat Manny Pacquiao, Sean Gibbons. Ia menyatakan dengan tegas bahwa petarung kidal itu akan kembali ke ring tinju setelah berakhirnya pandemi.

Namun, saat ini Pacquiao yang juga menjabat senator Filipina sejak 2016 itu memiliki tugas utama, yaitu berjuang untuk negaranya dan membantu orang-orang di tengah penyebaran virus corona yang masih memengaruhi sebagian besar negara di dunia.

“Senator Manny Pacquiao sedang bertarung sekarang! Dia bertarung dengan Covid-19 di Filipina untuk kehidupan para warga senegaranya, wanita, dan anak-anak. Setelah itu, bisa bermain tinju lagi," kata Gibbons kepada WBN.

Meski demikian, masih banyak kalangan meragukan petarung yang telah memenangkan banyak gelar profesional dalam sejarah tinju dunia itu akan kembali ke ring lagi.

Pasalnya, ia akan genap berusia 42 akhir tahun ini. Namun, Manny Pacquiao tetap diyakini akan kembali meski ia membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan kebugaran tubuhnya.

Selama berkarir, ia satu-satunya juara dunia delapan divisi dalam sejarah tinju, setelah memenangkan dua belas gelar dunia utama, serta menjadi petinju pertama yang memenangkan kejuaraan linier di lima kelas berat berbeda.

Bahkan Pacquiao juga mencatatkan rekor sejarah sebagai petinju pertama yang memenangkan empat gelar dunia utama dari delapan "divisi glamor" tinju yakni kelas terbang, kelas bulu, kelas ringan, dan kelas welter.

Ia pun memegang rekor sebagai satu-satunya juara dunia empat dekade dalam sejarah tinju, setelah memegang kejuaraan dunia selama empat dekade pada periode 1990-an, 2000-an, 2010-an, dan 2020-an.

Patut kita tunggu, aksi kembalinya pertarungan tinju yang hebat dari petinju profesional terhebat sepanjang masa dan kebanggaan Filipina, Manny Pacquiao.

Penulis: Aziz Purnomo