Kisah Mualaf Chris Eubank: Mike Tyson Hingga Makna Puasa di Masa Corona

Jumat, 15 Mei 2020 08:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Publik dunia begitu heboh ketika mengetahui Mike Tyson menjadi Mualaf pada 1993. Padahal, ada petinju hebat lainnya yang lebih dulu meresmikan status Mualaf dan kerap terlupa, yakni Chris Eubank.

Mike Tyson dahulu dikabarkan menjadi Mualaf pada 1993, tepatnya ketika mendekam dalam penjara. Dia mempelajari agama Islam dari seorang ustaz bernama Muhammad Shadiq.

Ketenaran Tyson sebagai petinju hebabt nan kontroversial, mungkin yang membuat kabarnya menjadi Mualaf sangat menghebohkan dunia. Padahal kalau mau ditelusuri, ada petinju hebat lainnya yang lebih dulu menyatakan Mualaf.

Chris Eubank, petinju asal Inggris ini disebutkan situs Ummah Sports menjadi Mualaf sejak 1990, namun baru mengungkap ke publik tentang dirinya memeluk agama Islam berselang enam tahun kemudian.

Sebuah pandangan menarik sempat dilontarkan Chris Eubank mengenai statusnya sebagai Mualaf. Secara tegas, ia menjelaskan bahwa yang terpenting baginya di dunia ini adalah menjalankan kebaikan kepada sesama umat manusia.

"Selama anda berbuat baik dan menjauhi kejahatan, maka anda pasti merupakan umat Tuhan," ujar Chris Eubank seperti dikutip dari situs Islam.ru.

Melihat situasi sekarang yang mana dunia sedang dilanda pandemi virus corona, Chris Eubank punya pula pandangan menarik. Terlebih, ia menjalani masa karantina pandemi virus corona sembari menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Menurut Eubank, pandemi virus corona adalah tragedi, tapi bisa digunakan pula untuk merefleksikan diri. Ibadah puasa yang dilakukan selama karantina pandemi membuatnya bisa jauh lebih mengenal diri dan merasa bertumbuh sebagai manusia.

"Karantina adalah tragedi, tapi waktu yang tepat untuk merefleksikan diri. Bulan Ramadan seperti sekarang, membuat saya bisa lebih masuk ke dalam diri saya sendiri," ungkap Chris Eubank seperti dikutip dari situs Now Boxing.

"Saya bisa merasakan ada sesuatu yang muncul dari dalam diri saya untuk mengarungi masa sulit seperti sekarang. Pandemi ternyata membuat saya juga bertumbuh sebagai manusia," lanjutnya.

Soal karier bertinju, Chris Eubank tercatat 52 kali bertanding, dengan total 45 kemenangan, dua imbang, dan lima kalah. Dia mulai berkarier sedari 1985, hingga memainkan laga terakhirnya pada 1998.