Ditonton Muhammad Ali, Pertarungan Terakhir Mike Tyson Berakhir Tragis

Kamis, 14 Mei 2020 14:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Jamie Squire/Getty Images
Pertarungan terakhir Mike Tyson sebelum dia pensiun berakhis tragis. Disaksikan Muhammad Ali, dia kalah di tangan Kevin McBride dan akhirnya memutuskan pensiun. Copyright: © Jamie Squire/Getty Images
Pertarungan terakhir Mike Tyson sebelum dia pensiun berakhis tragis. Disaksikan Muhammad Ali, dia kalah di tangan Kevin McBride dan akhirnya memutuskan pensiun.

INDOSPORT.COM – Pertarungan terakhir Mike Tyson sebelum dia pensiun berakhis tragis. Disaksikan idolanya Muhammad Ali, Mike Tyson mengalami kekalahan menyakitkan di tangan petinju asal Irlandia, Kkevin McBride.

Di usianya yang menginjak 38 tahun, Mike Tyson naik ring untuk sebuah pertandingan tinju pay per view yang digelar di Washington DC pada 11 Juni 2005 silam.

Tyson sendiri baru saja kembali setelah 11 bulan menghilang sejak dia dikalahkan terakhir kali oleh Danny Williams. Namun, hasrat bertinju masih menggelora di hati legenda tinju Amerika Serikat itu.

Pertarungan antara Mike Tyson vs Kevin McBride jadi fenomena di tahun tersebut. Sebanyak 20 ribu orang memadati MCI Arena, termasuk legenda tinju yang diidolakan Tyson, Muhammad Ali.

Ali sendiri diketahui nekad datang ke arena tinju meski saat itu dia mengidap penyakit parkinson. Dia tampak lemah, namun matanya masih menyiratkan semangat mendukung Tyson dari bangku penonton.

Ketika pertarungan di mulai, McBride sudah menunjukkan kemampuan menyerangnya lebih dulu. Sedangkan Tyson tampak santai menunggu serangan demi serangan McBride.

McBride bahkan terlihat mencekik, menyandarkan tubuh, mengunci, dan mengasarinya dengan pukulan demi mendapatkan peluang untuk merobohkan Tyson.

Tyson pun tak ingin mengalah. Dia membalikkan keadaan dengan nyaris membuat KO McBride di ronde awal. Sayang sekali, hal itu belum selesai.

McBride membuat pembalasan sejak di ronde keempat dengan melayangkan pukulan-pukulan mematikan. Sampai akhirnya Tyson kelelahan di ronde 6.

Menjelang berakhirnya ronde ke-6, Mike Tyson sudah kehilangan semua kekuatannya. Dia akhirnya naik ke ring namun memutuskan tidak melanjutkan pertandingan melawan McBride.

Keputusan Tyson cukup mengejutkan karena saat itu dia masih unggul dua poin dari lawannya. Setelah pertarungan resmi berakhir, McBride malah dinobatkan sebagai pemenang.

Lucunya, perayaan kemenangan McBride tak berlangsung lama karena Tyson saat itu juga memutuskan pensiun dari dunia tinju. Sebuah keputusan yang dianggap kontroversial sampai saat ini.