Ketika Pukulan Maut Mike Tyson Bikin Peraih Medali Olimpiade Gegar Otak dan Kocar-kacir

Minggu, 18 Juli 2021 18:55 WIB
Editor: Juni Adi
© Focus on Sport/Getty Images
Andrew Golota vs Mike Tyson berduel di tahun 2000. Copyright: © Focus on Sport/Getty Images
Andrew Golota vs Mike Tyson berduel di tahun 2000.

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak kenal petinju kelas berat ternama asal Amerika Serikat, Mike Tyson? tentunya semua tahu bahwa dia adalah salah satu petinju terbaik sepanjang masa. 

Bagaimana tidak, kehebatannya dalam menekuk lawan di atas ring sudah terbukti. Salah satu petinju yang pernah menjadi korbannya adalah Andrew Golota.

Bahkan pria asal Polandia itu sampai kabur dari ring dan ogah melanjutkan pertandingan meski sang pelatih tetap memaksanya bertahan.

Peristiwa itu terjadi pada Oktober 2000 silam. Pertarungan yang dihelat di The Palace, Michigan itu sangat diingat oleh para pecinta tinju sebagai pertarungan paling aneh dan kontroversial.

Diwartakan Sportbible, pukulan maut Mike Tyson di ronde pertama membuat Golota tumbang. Namun ia berhasil bangkit dan melewatinya.

Saat memasuki jeda, tak disangka Golota marah kepada timnya dan pelatih Al Certo. Tak hanya itu dirinya sampai meminta menyerah dan menghentikan pertarungan. 

Akan tetapi Golota akhirnya mau mengurungkan niat tersebut, dan bersedia melanjutkan pertandingan. Pada ronde kedua, hal sama kembali terjadi. Tyson tampil dominan dan membuat Golota tak berdaya. 

Pukulan demi pukulan terus diterima peraih medali perunggu di Olimpiade 1988 tersebut. Tapi ia sempat beberapa kali mencoba bertahan.

Hingga pada suatu momentum, Tyson melayangkan hook ke wajah Golota sampai menyebabkan cedera serius di ronde kedua.

Di sisi lain, pelatihnya, Al Certo, terus memberi semangat kepada Golota. Akan tetapi, dia kembali meminta untuk menghentikan pertarungan.

"Hentikan pertarungan!" ucap Golata kepada sang pelatih dalam dua kesempatan berbeda.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
60%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%