3 Fakta Hasim Rahman, Petinju Muslim yang Pernah Kalahkan Penghancur Mike Tyson

Rabu, 9 Maret 2022 17:21 WIB
Editor: Juni Adi
© Al Bello/Getty Images
Ilustrasi olahraga tinju. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Ilustrasi olahraga tinju.

INDOSPORT.COM - Selain Muhammad Ali rupanya ada sosok petinju muslim yang juga sukses di dunia tinju, dia adalah Hasim Rahman.

Dunia olahraga tinju rupanya ada beberapa atlet dari kalangan kepercayaan Islam yang mampu sukses di kancah internasional. Sebut saja Muhammad Ali salah satunya.

Namun siapa sangka ternyata ada sosok petinju muslim yang juga sukses selain Muhammad Ali. Dia adalah Hasim Rahman.

Namanya sempat membuat gempar dunia tinju, lantaran mampu membuat Lennox Lewis tunduk dengan status KO.

Pertandingan itu terjadi pada 2001 di Johannesburg, Carnival City, Afrika Selatan. Rahman yang tak diunggulkan karena banyak pihak yang menjagokan Lewis, tak disangka meraih kemenangan di ronde kelima.

Hasim Rahman pun sukses menggondol sabuk gelar juara tinju kelas berat WBC, IBF, dan IBO milik Lewis dengan kemenangan angka 20-1.

Banyak pihak menyebut kekalahan Lewis dari Rahman lantaran ia kehilangan fokus, dan kurang persiapan maksimal untuk berhadapan dengan Rahman. 

Sebab pada saat itu petinju asal Inggris ini tengah disibukkan dengan kegiatan syuting film 'Ocean's Eleven' dan menghabiskan lebih banyak waktu berbicara tentang Mike Tyson daripada Rahman.

Malam itu, puluhan ribu penonton menjadi saksi langsung kehancuran Lewis. Berstatus unggulan, Lewis malah tersungkur pada ronde kelima karena terkena pukulan telak dari Rahman.

Padahal sepanjang pertandingan Lennox Lewis sangat mendominasi pertandingan. Sayang kelengahan menjadi petaka bagi peraih medali emas Olimpiade 1988 itu.

Lantas seperti apa sosok Hasim Rahman? berikut beberapa fakta menariknya.