In-depth

James Douglas dan Bukti Kesombongan Mike Tyson Berujung Bencana

Minggu, 23 April 2023 20:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tony Duffy/ALLSPORT/Gettyimages
Seandainya tak menghadapi James Douglas, mungkin rekor kemenangan beruntun Mike Tyson akan berlanjut sampai akhir kariernya di dunia tinju. Copyright: © Tony Duffy/ALLSPORT/Gettyimages
Seandainya tak menghadapi James Douglas, mungkin rekor kemenangan beruntun Mike Tyson akan berlanjut sampai akhir kariernya di dunia tinju.

INDOSPORT.COM - Seandainya tak menghadapi James Douglas, mungkin rekor kemenangan beruntun Mike Tyson akan berlanjut sampai akhir kariernya di dunia tinju.

Aneh rasanya jika ada orang yang tak kenal dengan sosok Mike Tyson. Buat mereka yang tak terlalu mengikuti tinju juga seharusnya pasti pernah mendengar nama Si Leher Beton ini.

Kehebatan dan kekuatan Mike Tyson saat berada di atas ring sendiri sudah tidak perlu diragukan . Sudah tak terhitung nama-nama besar yang ia kalahkan lewat jab 'mematikan' miliknya.

Memulai debut profesionalnya sebagai petinju pada 6 Maret 1985 silam, Mike Tyson langsung mencuri perhatian usai mengalahkan Hector Mercedes, yang merupakan satu dari total 56 pertandingannya.

Dari total tersebut, sebanyak 50 kemenangan sudah diukir petinju kelahiran 30 Juni 1966 tersebut. Hebatnya, 44 dari 50 kemenangan itu ia raih lewat cara membuat lawannya KO.

20 tahun berkarier sebagai petinju, berbagai sabuk juara pun sudah pernah menghiasi pinggang pria yang pernah tiga kali menikah dan punya tujuh orang anak tersebut. Sebut saja seperti sabuk juara kelas berat versi WBA, WBC, dan IBF.

Dengan rentetan statistik dan mentereng tersebut, tidak heran jika Mike Tyson memiliki julukan The Baddest Man on The Planet.

Terlepas dari itu semua, Mike Tyson tetaplah seorang manusia. Dalam kariernya sebagai petinju, ia juga pernah mengalami yang namanya kekalahan. Total ada enam kali Mike Tyson harus mengakui kemenangan lawannya.

Di antara lawan-lawan yang pernah 'mengotori' statistik hasil pertandingannya selama menjadi petinju, nama James 'Buster' Douglas mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan oleh Mike Tyson.

Bukan tanpa sebab memang, mengingat James Douglas adalah orang pertama yang mampu membuat Mike Tyson kalah dan yang lebih mengejutkannya lagi lewat cara KO.