x

Kaleidoskop Tinju dan MMA Januari-Juli 2016: Gelar Juara Berselimut Duka

Selasa, 27 Desember 2016 09:00 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Semester pertama tahun 2016 telah meninggalkan banyak jejak peristiwa bersejarah yang ditorehkan oleh para pelaku olahraga tinju dan MMA baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sejumlah atlet berhasil mengukir prestasi dan capaian tertinggi dalam kariernya, ada juga yang mulai meninggalkan panggung dunia yang membesarkannya untuk mulai menapaki dunia baru.

Di sisi lain, semester ganjil 2016 juga diselimuti oleh duka mendalam, setelah sejumlah tokoh dan legendanya tutup usia. Salah satunya, legenda besar tinju Muhammad Ali yang menghembuskan nafas terakhir pada pertengahan Juni 2016 akibat sakit Parkinson yang telah lama dideritanya.

Berikut ulasan lengkap rentetan persitiwa penting yang terjadi pada tahun 2016 yang terangkum dalam catatan Kaleidoskop Januari-Juni 2016 yang berhasil dihimpun redaksi INDOSPORT.


1. Januari 2016

Manny Pacquiao sempat menyatakan niat pensiun dari dunia tinju.

1. Manny Pacquiao Berniat Pensiun untuk Fokus di Politik

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao berniat untuk mundur dari dunia tinju, karena ingin fokus menjalani profesi baru sebagai seorang politikus.

Niat itu dicanangkan Pacquiao sebelum dirinya melakoni laga menghadapi petinju asal Amerika, Timothy Bradley lantaran dirinya ingin berkecimpung di dunia politik.

"Saya akan mundur dari tinju untuk fokus di karier politik. Pertaringan lawan Bradley nanti akan menjadi yang terakhir," kata Pacquiao.

Perarungan antara Pacquiao melawan Timothy Bradley sendiri dihelat pada 9 April 2016.

"Saya tidak pernah mengatakan hal itu. Tidak ada yang mewawancarai saya mengenai hal itu. Saya akan mundur setelah pertandingan 9 April nanti," katanya.

2. 8 Petinju Indonesia Kejar Tiket Olimpiade ke Cina

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) memastikan diri untuk mengirim delapan orang petinju untuk mengikuti ajang kualifikasi Olimpiade Rio de Janeiro 2016 zona Asia Oceania di Cina.

Delapan petinju terpilih itu akan mulai bertarung di babak kualifikasi zona Oceania untuk memperebutkan jatah tiket tampil mulai 23 Februari hingga 4 Maret 2016.

Adapun delapan petinju yang dikirim ke Cina terdiri dari lima petinju putra dan tiga petinju putri. Kedepalan petinju itu diharuskan untuk menjalani pertarungan uji coba di Korea Selatan.

"Mereka akan bersaing dengan petinju-petinju dari Asia. Petinju yang masuk tiga besar akan berhak untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Rio de Janeiro," kata Sekjen PB Pertina, Martinez dos Santos.

3. Dominick Cruz Sabet Gelar Juara UFC Kelas Bantam

Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Dominick Cruz berhasil menyabet gelar juara kelas Bantam UFC usai menaklukkan T.J. Dillashaw. Kemenangan menjadi spesial bagi Cruz, karena dirinya baru pulih dari cedera.

Dominick berhak menyandang gelar juara Kelas Bantam setelah menang angka dari Dillashaw melalui pertarungan lima ronde yang berjalan selama 25 menit.

Dua dari tiga juri memberikan angka kemenangan dengan skor 48-47 dan 49-46. Sementara satu juri lainnya memenangkan Dillashaw dengan memberi angka 49-46 untuk Dillashaw.

Kemenangan menjadi spesial bagi Cruz lantaran dia baru pulih dari cedera panjang yang menyebabkan ia hanya melakoni satu laga dalam rentang waktu empat tahun.

Kemenangan ini memperpanjang catatan kemenangan Cruz sepanjang kiprahnya di atas ring UFC. Cruz mencatat 21 kemenangan dan satu kekalahan dari 22 laga yang pernah ia lakoni.

4. Prihatin dengan Bom Sarinah, Chris John Tulis Surat Terbuka

Aksi teror bom Sarinah yang diiringi dengan serangan bersenjata mengguncang Tanah Air pada 15 Januari 2015. Kejadian menggembarkan ini membuat petinju Indonesia Chris John prihatin hingga melayangkan surat terbuka kepada para pelaku.

John mengecam keras aksi yang dilakukan oleh sejumlah teroris dengan melayangkan surat terbuka kepada para pelaku melalui akun Facebook miliknya.

Dalam suratnya, mantan juara tinju kelas bulu versi WBA itu menyentil rasa nasionalisme dan mempertanyakan spirit keagamaan yang diyakini oleh para pelaku. John pun menyatakan perang dengan segala bentuk terorisme.


2. Februari 2016

Daud Yordan sukses pertahankan gelar juara versi WBO usai kalahkan petinju Jepang, Yoshitaka Kato.

1. Daud Yordan Pertahankan Gelar Juara WBO Asia Pasific

Daud 'Cino' Yordan sukses mempertahankan gelar WBO Asia Pasific kelas ringan setelah mengalahkan petinju asal Jepang, Yoshitaka Kato dengan kemenangan Technical Unanimous Decision dengan angka 88-84, 97-84, dan 88-83 pada ronde kesembilan.

2. Ellyas Pical, Legenda Tinju Indonesia Kembali Naik Ring

Legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical kembali naik ring dalam sebuah pertarungan eksebisi bertajuk Legendary Match melawan Feras Taborat. Duel antara dua legenda tinju Tanah Air yang berlangsung dalam dua ronde itu berakhir dengan hasil seri.

3. Duel Akbar McGregor vs Dos Anjos Batal Digelar

Duel akbar Ultimate Fighting Championship (UFC) 196 antara Conor McGregor dengan juara kelas ringan, Rafael dos Anjos batal digelar. Pembatalan itu disebabkan oleh cedera kaki yang dialami Dos Anjos saat latihan.


3. Maret 2016

Miesha Tate jadi juara baru UFC kelas bantamweight usai taklukkan Holly Holm.

1. Dihajar KO, Mc Gregor Serahkan Gelar kepada Nate Diaz

Juara Ultimate Fighting Championship (UFC) 196 kelas Welter, McGregor harus merelakan sabuk juaranya direbut oleh Nate Diaz usai dirinya dihajar KO dalam pertarungan yang berlangsung selama empat menit 12 detik di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

2. Taklukkan Holly Holm, Miesha Tate Jadi Juara Baru UFC

Miesha Tate berhasil keluar sebagai juara baru UFC kelas Bantamweight usai menaklukkan sang juara bertahan, Holly Holm. Tate memenangkan pertarungan dengan menggunakan teknik kuncian di bagian kepala yang membuat Holm tak bisa berkutik.

3. Lennox Lewis Kejam Pelibatan Petinju Profesional dalam Ajang Olimpiade 2016

Mantan juara dunia kelas berat, Lennox Lewis mengecam pernyataan Asosiasi Tinju Amatir Internasional (AIBA) yang mengizinkan petinju profesional tampil di Olimpiade 2016. Menurutnya, pertarungan antara petinju amatir dan petinju profesional tidak adil dan bisa membahayakan keselamatan.


4. April 2016

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao dalam pertarungan melawan Timothy Bradley.

1. Rebut Gelar Juara dari Bradley, Pacquiao Pensiun dengan Manis

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao berhasil menutup karier bertinjunya dengan manis usai merebut sabuk juara dunia kelas Welter versi WBO dari Timothy Bradley di Las Vegas, Amerika Serikat. Pacquiao lantas menyatakan niat pensiun untuk fokus bergelut di bidang politik.


2. UFC Coret Conor McGregor dari Daftar Petarung

Ultimate Fighting Championship resmi mengumumkan pencoretan Conor McGregor dalam daftar petarung UFC 200. Pencoretan McGregor dilakukan karena ia menolak hadir dalam acara promosi acara tersebut.

Presiden UFC, Dana White mengaku keputusannya mencoret Conor bukanlah keputusan populer. Namun ia kukuh keputusan tersebut harus diambil karena McGregor melanggar kesepakatan.

Pelanggaran yang dimaksud Dana White adalah menolak hadir dalam acara promosi UFC 200 pekan lalu. Petarung Irlandia itu beralasan tengah fokus menjalani latihan. 

"Saya bukan menolak ia bertarung, tapi dia melakukan tindakan yang membuatnya tak bisa tampil. Ia tahu kesepakatannya seperti apa, tapi dia memilih melakukannya," kata presiden UFC, Dana White. 

3. Dalam Hitungan Jam, UFC Izinkan McGregor Kembali Naik Ring

Keputusan mengejutkan dikeluarkan presiden Ultimate Fighting Championship (UFC), Dana White. Ia mengijinkan Conor McGregor kembali naik ring setelah memutuskan untuk mencoretnya karena dianggap telah melanggar aturan.

Menariknya pemberian izin kembali naik ring diputuskan oleh Dana White hanya beberapa jam usai dirinya mencoret nama petarung asal Irlandia itu dari daftar petarungnya.

“Dengarkan baik-baik, Conor akan kembali bertarung, tapi bukan di UFC 200, mungkin saja dia akan bertarung di UFC 201, 202, atau 203, kita lihat nanti selanjutnya,” tandas White dalam konferensi pers di Madison Square Garden, New York City, AS.


5. Mei 2016

Saul Alvarez rebut gelar juara tinju kelas menengah WBC usai pukul KO juara bertahan Amir Khan.

1. Atlet MMA Prancis Ditembak Polisi di Bali

Seorang atlet MMA asal Prancis, Amokrane Sabet meregang nyawa usai ditembus timah panas polisi di Bali. Polisi memutuskan untuk menghabisi nyawa Sabet lantaran sang atlet berlaku onar dan menyerang pihak berwajib dengan pisau.


2. Pukul KO Amir Khan, Saul Alvarez Sabet Gelar WBC

Saul Alvarez berhasil merebut gelar juara tinju kelas menengah WBC dari tangan juara bertahan Amir Khan. Petinju asal Meksiko itu menganvaskan lawannya dengan sebuah pukulan Knock Out (KO) pada ronde keenam hingga menyebabkan sang juara bertahan terjengkang pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.


3. Petarung Amerika, Stipe Miocic Juara Baru Kelas Berat UFC

Petarung Amerika Serikat, Stipe Miocic berhasil keluar sebagai juara baru UFC usai menaklukkan juara bertahan Fabricio Werdum. Miocic hanya membutuhkan satu ronde untuk memastikan sabuk juara, setelah berhasil membuat sang lawan tersungkur KO pada ronde pertama.

4. Manny Pacquiao Jabat Anggota Senat Filipina

Petinju kebanggaan masyarakat Filipina Manny Pacquiao resmi menjadi anggota senat Filipina usai menang dalam pemilihan umum. Pacquaio sah menjadi satu dari 12 anggota senat Filipina setelah mengantongi 18 juta suara.


6. Juni 2016

Jenazah Muhammad Ali saat akan dimakamkan dengan tata cara islami.

1. Legenda Tinju Dunia, Muhammad Ali Hembuskan Nafas Terakhir

Muhammad Ali menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (04/06/12) di usia ke-74 tahun. Legenda besar tinju dunia itu meninggal dunia setelah menderita gangguan pernapasan yang dipicu oleh penyakit lamanya, Parkinson.

2. Michael Bisping Sabet Gelar Juara UFC

Petarung Inggris, Michael Bisping berhasil meraih gelar juara dunia kelas menengah UFC usai mengalahkan petarung asal Amerika Serikat, Luke Rockhold. Bisping hanya membutuhkan satu ronde untuk memastikan gelar juaranya, usai memukul KO Rockhold pada menit ketiga.

3. Taklukkan Petinju Argentina, Daud Yordan Sabet Gelar Juara WBA

Petinju Indonesia, Daud Yordan berhasil merebut gelar juara tinju kelas ringan versi WBA usai mengalahkan petinju Argentina, Cristian Coria. Cino, julukan Daud Yordan menang angka mutlak dalam pertarungan yang digelar di Raddison Voctoria Plaza, Uruguay.

4. Petarung Kelas Berat UFC, Kimbo Slice Tutup Usia

Dunia olahraga Mixed Martial Arts (MMA) dirundung duka dengan kepergian petarung kelas berat Kimbo Slice. Petarung asal Amerika Serikat itu meninggal dunia diduga akibat sebuah penyakit yang telah lama dideritanya. 

Manny PacquiaoMuhammad AliDaud YordanUltimate Fighting Championship (UFC)Amir KhanKaleidoskopSaul AlvarezMixed Martial Arts (MMA)Conor McGregorEllyas PicalMiesha TateHolly HolmTinjuAmokrane SabetUFC 200

Berita Terkini