Kontroversi Aprilia Manganang Bareng Timnas Voli Indonesia, Vietnam Ngemis Medali Emas?

Kamis, 11 Maret 2021 04:15 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Dimas Ramadhan/Indosport.com
Setelah status gender eks atlet voli Indonesia, Aprilia Manganang jadi pria, Timnas Voli Putri Vietnam merasa dicurangi dan ngemis medali emas di SEA Games? Copyright: © Dimas Ramadhan/Indosport.com
Setelah status gender eks atlet voli Indonesia, Aprilia Manganang jadi pria, Timnas Voli Putri Vietnam merasa dicurangi dan ngemis medali emas di SEA Games?

INDOSPORT.COM - Geger kabar dunia olahraga Indonesia ketika mantan atlet voli putri Aprilia Manganang berubah status jadi pria. Merasa dicurangi dalam gelaran SEA Games, Timnas Voli Putri Vietnam mengemis dapatkan medali emas?

Pria yang berusia 28 tahun ini menjabat sebagai Sersan Dua TNI Angkatan Darat cukup dikenal akan prestasinya ketika lakoni dunia olahraga. Akan tetapi, saat ia masih usia 20 tahun kebawah gendernya justru dianggap sebagai wanita.

Kok bisa? Sederhana, Sersan Manganang memiliki kondisi masalah kesehatan bernama hipospadia alias kelainan pada gender sejak baru lahir. Hal ini sendiri juga sudah dibenarkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa.

"Sersan Manganang bukanlah transgender, bukan juga interseks, tidak masuk dalam kondisi itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu definisinya, kelainan ini disebut hipospadia," ungkap Jenderal Andika.

Meskipun baru ditetapkan kelaminnya sebagai pria, Aprilia Manganang sudah terlanjur punya prestasi ketika sebagai wanita. Bayangkan saja, saat usia 19 tahun ia masuk tim Alko Indramayu (2011-2012), Jakarta Elektrik PLN (2014-2017), dan Bandung BJB Pakuan.

Kehebatannya di lapangan benar-benar luar biasa ketika melakoni berbagai kompetisi nasional maupun internasional. Ada sembilan prestasi individu yang didapatkannya mulai dari Indonesian Women Proliga Best Scorer hingga Most Valuable Player.

Ketika tergabung bersama Timnas Voli Wanita Indonesia pun Manganang sukses tampil membanggakan di SEA Games ketika sumbang banyak prestasi. Kecemburuan pun datang dari negara Vietnam yang sempat beberapa kali jadi 'mangsa' di kompetisi internasional.