Cerita Mualaf Ratu Wushu Lindswell Kwok Diam-diam Pelajari Islam

Jumat, 10 Mei 2019 23:46 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Lindswell Kwok, mantan atlet wushu Indonesia di kediamannya. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Lindswell Kwok, mantan atlet wushu Indonesia di kediamannya.

INDOSPORT.COM - Lindswell Kwok dikenal sebagai ratu wushu Asia Tenggara. Lindswell Kwok bercerita ke INDOSPORT soal wushu dan menjadi mualaf. 

Siapa yang tak mengenal Lindswell Kwok? Wanita berusia 27 tahun tersebut terkenal karena prestasinya di olahraga wushu. 

Yang terakhir, Lindswell Kwok memenangkan medali emas cabor wushu nomor Taijiquan pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mendapat kalungan medali langsung dari Presiden Joko Widodo, nama Lindswell pun dielu-elukan masyarakat. 

Beberapa bulan kemudian, nama Lindswell Kwok kembali mencuat setelah video yang memperlihatkan dirinya mengenakan hijab beredar. 

Netizen mulai penasaran dan bertanya-tanya soal Lindswell Kwok yang mengenakan hijab dan menjadi seorang mualaf. Kepada INDOSPORT, Lindswell Kwok bercerita soal proses dirinya menjadi seorang mualaf. 

"Sebenarnya aku mulai belajar Islam udah lama dan mualaf, dari tahun 2015. Cuma tidak ada yang tahu, aku diem-diem," ujarnya kepada INDOSPORT

"Aku belajar sendiri, semuanya baru, semuanya tantangan buat aku, tidak ada omongan dari orang ya, karena gak ada yang tahu, tantangannya justru untuk aku sendiri, memastikan apakah aku serius ingin memeluk agama Islam, makanya aku belajar sendiri biar gak ada gangguan," lanjutnya. 

Selain belajar soal Islam sendiri, Lindswell Kwok juga mengaku mendapat saran dari Ahmad Hulaefi, rekan sesama atlet wushu yang saat ini menjadi suaminya. 

"Hulae (sang suami) pernah bilang sama aku, kamu belajar soal Islam, lalu kamu bandingkan dengan agama kamu, kamu yang tahu agama mana yang cocok sama kamu, jangan pindah ke Islam karena aku, pikirkan matang-matang," terang juara dunia Wushu 5 kali tersebut. 

Salah satu hal yang membuat Lindswell Kwok memantapkan diri memeluk Islam adalah ibadah wajib umat muslim, yaitu Salat. 

"Salat dan kajiannya. Aku suka mengikuti kajian-kajian Islam yang membahas tentang Islam itu sendiri. Dari sana aku mengerti soal Islam," lanjut pemilik 5 medali emas SEA Games tersebut. 

Setelah memutuskan untuk menjadi mualaf, Lindswell Kwok kini juga sudah mantap berhijab. 

"Dulu waktu awal mualaf sebenarnya aku udah pake hijab kalau di luar latihan dan bertanding, cuma gak ada yang tahu, karena gak ada yang tahu aku mualaf, cuma masih jilbab biasa, belum syar'i, karena sekarang udah pensiun jadi udah pakai hijab syar'i."

"Kata suami, pakai hijab syar'i itu anggun," katanya sambil tertawa. 

"Hijab itu hukumnya wajib, Hulae juga pernah bilang, 'kalau ada permen, kamu mau yang bungkusnya sudah dibuka, atau masih terbungkus?', hijab itu untuk menghormati wanita, karena wanita itu cantik dan harus dilindungi, hijab menjadi cara Islam untuk melindungi wanita," katanya mengenang. 

Memang kini Lindswell sudah memakai hijab syar'i dalam kegiatannya sehari-hari seusai pensiun dari dunia wushu. Untuk wushu sendiri, apa yang menjadi rencana Lindswell berikutnya?

"Untuk ukuran wanita, usia saya sudah tidak muda lagi di dunia wushu. Selain itu cedera lutut yang saya dapat tahun 2019 juga menjadi salah satu alasan pensiun."

"Untuk saat ini saya ingin menikmati masa-masa santai, di rumah bersama suami. Ingin maksimal menikmati masa santai, jadi meninggalkan wushu dulu, nanti kalau sudah kangen wushu, baru akan melatih wushu," jawabnya soal apakah akan melatih wushu atau tidak di masa depan. 

Ikuti Terus Berita Wushu dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%