Debut di SEA Games, Ini Komentar Berkelas Pewushu Cantik Asal Solo

Minggu, 1 Desember 2019 13:08 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
SEA Games 2019 di Filipina jadi pengalaman berharga bagi pewushu Alexandra Calista Setiawan. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
SEA Games 2019 di Filipina jadi pengalaman berharga bagi pewushu Alexandra Calista Setiawan.

INDOSPORT.COM - SEA Games 2019 di Filipina jadi pengalaman berharga bagi pewushu Alexandra Calista Setiawan. Atlet cantik yang turun di nomor taijiquan putri untuk kali pertama alias debut multievent olahraga terbesar di Asia Tenggara.

Bagi perempuan berusia 18 tahun itu, tampil di ajang SEA Games jadi hal yang cukup berkesan. Meski gagal meraih medali karena hanya berada di posisi lima, namun sosok yang akrab disapa Tata itu cukup puas.

"Pertama senang sih bisa kepilih untuk mewakili Indonesia. Pengalaman yang sangat berharga bagi saya," ungkap Tata saat berbincang dengan INDOSPORT usai perlombaan.

Pewushu putri asal Kota Solo itu tak menampik jika dirinya sempat nervous. Namun dirinya terus mencoba untuk fokus demi mendapatkan nilai tinggi dari juri.

"Kalau secara hasil pusat, karena tadi goyang sedikit, jadi ya kurang (nilainya). Masih bisa lebih baik dari hari ini harusnya," ujar perempuan kelahiran 18 Juli 2001 tersebut.

"Evaluasi mungkin kakinya kurang cepat. Saat turun juga harusnya bisa lebih ditahan badannya," tambah dia.

Tata memaparkan, dirinya sudah menggeluti olahraga wushu sejak usia sembilan tahun. Selama ini, mahasiswi Universitas Terbuka (UT) Karanganyar sering mengikuti beberapa single event.

"Kejuaraan internasional baru ini dan sempat ikut kejuaraan dunia kemarin. Saya banyak belajar dari kejuaraan dunia karena ada atlet berpengalaman di sana jadi bisa melihat gerakan mereka seperti apa," ujar Tata.

"Semoga besok setelah ini bisa lebih baik lagi," ucap perempuan yang tinggal di Kecamatan Jebres, Solo itu.

Indonesia sendiri gagal mendapat tiga medali emas wushu yang diperebutkan hari ini. Edgar Xavier Marvelo harus kecewa usai mendapat pengurangan poin yang membuatnya gagal meraih medali di SEA Games 2019 hari ini.