Gelar Sertifikasi Pelatih, PB Wushu Ingin Lahirkan Lindswell Kwok Baru

Rabu, 15 Juli 2020 09:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama dengan Airlangga Hartarto. Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama dengan Airlangga Hartarto.

INDOSPORT.COM - Ditunjuk menjadi Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PB WI) sejak tahun 2017, Airlangga Hartarto memiliki peran besar membawa prestasi wushu Indonesia berprestasi ditingkat internasional. Selain terus memperhatikan regenerasi atlet wushu, peningkatan mutu pelatih juga menjadi konsentrasi besar pria kelahiran Surabaya 1 Oktober 1962 tersebut.

"Cabor wushu adalah salah satu penggali medali emas Tanah Air dan ditangan para pelatih ini diharapkan lahir Lindswell-Lindswell baru," katanya.

"Semoga dari tangan pelatih-pelatih ini lahir Lindswell baru dan ada yang mendampingi Edgar. Terima kasih dan kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Menpora yang telah memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi ini dan para narasumber serta panitia pelaksana," tambahnya. 

Tiga tahun menjabat sebagai Ketum PBWI banyak prestasi yang sudah ditorehkan. Mulai dari SEA Games XXIX/2017, Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 Filipina.

Di SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia tim wushu tanah air berhasil memboyong tiga medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Saat itu Lindswell Kwok berhasil meraih medali emasnya dari nomor Taijijian (jurus pedang).

Di ajang Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah, tim wushu tanah air mampu melampaui target perolehan medali dengan berhasil mengumpulkan 5 medali yang terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Medali emas kembali dikontribusikan oleh atlet senior Lindswell Kwok di nomor taijiquan dan taijijian putri.

Seolah tak berhenti mengukir prestasi tim wushu Indonesia kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 Filipina melalui Edgar Xavier Marvelo yang merengkuh medali emas di nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu. Pasangan Yanti K. Isfandiari ini tak luput untuk meneruskan tradisi reward bagi para atlet dari penampilan baiknya di berbagai event regional maupun internasional. 

Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada cabor wushu yang terus menyumbangkan prestasi untuk merah putih. Menurutnya pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya diri para pelatih untuk terus melahirkan atlet-atlet muda yang memiliki potensi luar biasa.

"Dengan sertifikat ini para pelatih akan percaya diri dan lapangan pekerjaan terbuka untuk berbagai cabang olahraga," harapnya.