Penuhi Target Emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior, Ini Respons Tak Terduga CdM Kontingen Indonesia

Rabu, 7 Desember 2022 22:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Atlet wushu Indonesia, Josh Tiesto Tanto. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Atlet wushu Indonesia, Josh Tiesto Tanto.

INDOSPORT.COM - Kontingen Wushu Junior Indonesia berhasil memenuhi target enam medali emas yang dicanangkan Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Target terpenuhi di hari kedua kejuaraan, Rabu (07/12/22) yang berlangsung di ICE BSD Tangerang.

Sebelumnya, di hari pertama kejuaraan, Selasa (06/12/22) Indonesia telah amankan tiga medali emas dari nomor Taolu. Tiga atlet yang naik podium tertinggi adalah Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah (Grup A Putra) dan Kylie Suyoto Kwok (Grup A Putri).

Lalu, pada hari kedua, Rabu (07/12/22) Kontingen Indonesia tambah tiga emas dan satu perunggu.

Tiga atlet yang raih juara adalah Ivana Beatrice (Daoshu Junior A), Thalia Marvelina Tanzil (permainan Daoshu di kategori Junior B Putri), Kylie Suyoto Kwok (Jianshu), sedangkan perunggu persembahkan Richard Dean Kurnia. 

Secara keseluruhan Indonesia telah mengantongi enam emas dan satu perunggu. Hasil itu menempatkan Indonesia di puncak klasemen sementara Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022.

Kendati demikian, Chef de Mission Kontingen Wushu Indonesia, Doddy Rahadi menyatakan timnya tidak cepat puas. Masih ada peluang untuk menambah perolehan medali di nomor Sanda maupun Taolu karena kejuaraan masih tersisa tiga hari.

"Target enam emas memang sudah terpenuhi dari nomor Taolu. Tapi, kita akan terus berusaha karena pertandingan masih berlangsung hingga 10 Desember 2022," katanya.

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 diikuti 60 negara dan du regional (Hongkong dan Macau). Pada event ini, Indonesia menurunkan 23 atlet.

Awalnya, target Indonesia adalah empat medali emas. Tetapi setelah dikaji ulang, tim Merah Putih dinilai berpeluang menyabet enam medali emas.

“Kami punya target dari total ada 36 enam pertandingan dan 72 medali emas yang diperebutkan, dari PBWI targetkan mendapatkan enam medali emas. Targetnya empat taolu dan dua sanda,” ujar Airlangga Hartarto.