x

Ke Final Liga Champions, Liverpool Beri LeBron James Uang ‘Jajan’ 446 Miliar Rupiah, Mengapa?

Jumat, 4 Mei 2018 12:21 WIB
Editor: Yohanes Ishak
LeBron James dan Liverpool.

Perjalanan Liverpool di kancah Liga Champions musim 2017/18 ini memang terbilang mengejutkan.

Tak termasuk babak kualifikasi, tercatat The Reds mampu mengemas 46 gol di kompetisi paling bergengsi antarklub di benua Eropa tersebut di musim ini.

Tidak heran jika ketajaman Liverpool inilah yang membuat mereka berhasil menempati final Liga Champions 2017/18 melawan Real Madrid.

Baca Juga

1. LeBron James Juga Terima Keuntungan

Selebrasi para pemain Liverpool usai memastikan diri lolos ke final Liga Champions 2017/18.

Ada sisi menarik dari suksesnya Liverpool menuju final Liga Champions musim ini, yaitu bintang basket NBA yang bermain bagi Cleveland Cavaliers, LeBron James juga mendapat keuntungan dari tim besutan Jurgen Klopp tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana bisa seorang pebasket mendapatkan keuntungan dari sebuah klub sepakbola?


2. Punya Investasi

LeBron James.

Dilansir dari ESPN, ternyata pada tahun 2011 lalu pemain yang berposisi sebagai power forward ini menanam saham sebesar 2 persen di Liverpool.

Pemilik Liverpool, Fenway Sports Partner yang menyetujui saham tersebut pun menerima saham yang diberikan oleh LeBron sebesar 6,5 juta USD atau kurang lebih setara dengan Rp108 miliar.

Berdasarkan data dari Forbes, pada Juni 2017 lalu Liverpool telah menjadi klub sepakbola terkaya ke-8 di dunia yang memiliki pendapatan senilai 1,49 miliar USD atau nyaris mencapai Rp207 triliun.

Kini, menurut laporan dari Bankir Investasi Olahraga mengatakan jika dijual, maka harga Liverpool menapai 1,6 miliar USD atau lebih dari Rp223 triliun.

Ditambah The Reds juga sukses lolos ke final Liga Champions 2017/18 yang berarti membuat mereka mendapatkan uang sebesar 100 juta USD atau hampir Rp1,40 triliun (belum termasuk jika berhasil menjadi juara).

Dengan demikian, maka saham yang dimiliki oleh LeBron James pun bertambah hampir 5 kali lipat dari 6,5 juta USD menjadi 32 juta USD atau lebih dari Rp446 miliar dalam waktu tujuh tahun.


3. Liverpool Bukan Satu-satunya Saham LeBron James

LeBron James, small forward Cleveland Cavaliers.

Di sisi lain, ternyata Liverpool bukanlah satu-satunya saham yang ditanam oleh pebasket yang juga dapat berperan di posisi manapun.

Ya, LeBron pernah mendapatkan penghasilan lebih dari 30 juta USD atau lebih dari Rp418 miliar dari saham yang ia tanam di produk elektronik Beats by Dre saat dijual ke Apple pada tahun 2014 lalu.

Selain itu, ia juga kini hampir mendapatkan uang sebesar 45 juta USD atau setara dengan Rp627 miliar dari saham yang dimilikinya di perusahaan makanan, Blaze Pizza.

NBALiverpoolLeBron JamesLiga ChampionsCleveland Cavaliers

Berita Terkini