Ask the Expert

Mengenal Olahraga Paralayang, Olahraga yang Beri Sensasi Terbang Bak Superman

Merasakan sensasi terbang layaknya seekor burung tentunya menjadi hal yang mengasyikkan untuk dilakukan. Bagi penikmat olahraga yang ingin merasakan sensasi tegang namun menyenangkan terbang dari ketinggian, olahraga paralayang dapat menjadi pilihan, Sabtu (03/12/16).
Sabtu, 3 Desember 2016 11:00 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
© INTERNET/LASSAK IMAJI/TAGOR SIAGIAN
Olahraga paralayang yang saat ini tengah digandrungi. Copyright: © INTERNET/LASSAK IMAJI/TAGOR SIAGIAN
Olahraga paralayang yang saat ini tengah digandrungi.

Paralayang merupakan sebuah cabang olahraga profesional, namun di sisi lain dapat menjelma mejadi sebuah olahraga hiburan yang menyenangkan. Terbang dari ketinggian dan mengandalkan angin untuk melihat pemandangan luar biasa dari atas tentunya menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya.

Tanpa menggunakan mesin, para pilot paralayang menggunakan kaki mereka untuk lepas landas dan mendarat. Mengandalkan parasut dan angin serta cuaca, meski menyenangkan, olahraga paralayang tentunya juga memliki resiko besar di dalamnya.

Namun resiko itu dapat dicegah dengan beberapa cara, melakukan olahraga paralayang sesuai prosedur akan menekan tingkat kecelakaan yang dapat dialami. Untuk itulah, maka para penikmat paralayang, terutama pemula harus memperhatikan betul beberapa hal agar dapat terbang dengan aman dan nyaman.

Mantan atlet sekaligus pelatih paralayang Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON Jabar 2016) lalu, Yustira Ramadhan punya beberapa tips untuk para pemula.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa fakta dan hal penting yang harus diperhatikan bagi mereka yang ingin menjajal olahraga paralayang: