Menpora: Tugas Jurnalis Itu Sulit, Tapi Dibutuhkan!

Jumat, 9 Februari 2018 17:07 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi.

Setiap 9 Februari, di Indonesia diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Perayaan itu sendiri ditujukan untuk para jurnalis yang setiap harinya berupaya menghadirkan berita-berita yang akurat dan faktual kepada masyarakat.

Beberapa tokoh penting negeri ini pun ikut merayakan HPN. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Hal tersebut ia sampaikan ketika berada di Danau Cimpago, Padang, Sumatera barat bersama dengan Presiden Joko Widodo.

© INDOSPORT
Hari Pers Nasional. Copyright: INDOSPORTHari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari.

Dalam ucapannya, pria yang akrab disapa Cak Imam tersebut mengapresiasi kinerja para wartawan, terutama di era perkembangan teknologi yang mengalami banyak perubahan. Menurutnya, jurnalis bukanlah pekerjaan yang mudah dan dipenuhi banyak tantangan.

"Saat ini kita juga hidup di era dimana teknologi, media digital, dan media sosial membuat hampir semua orang bisa mengakses informasi sekaligus menyebarluaskannya. Dahulu ini merupakan hak eksklusif jurnalis, inilah yang membuat kerja jurnalis hari ini menjadi jauh lebih sulit," kata Menpora seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Meski begitu, Cak Imam menghimbau agar para jurnalis tetap semangat membuat pemberitaan, karena hal itu sangat penting bagi masyarakat agar melek informasi.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Imam Nahrawi Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTImam Nahrawi mengapresiasi para wartawan yang selalu bekerja keras memberi informasi pada masyarakat.

"Di era sekarang ini semua orang ditantang merumuskan segala persitiwa, sekaligus menyikapinya sendiri disaat yang sama. Pada media yang berpegang teguh disiplin verifikasi, kita percaya akan hindarkan warga dari berita yang mengaburkan realita. Peran jurnalis makin nyata dibutuhkan negara, merekam peristiwa, serta setia hadirkan berita dan informasi bagi semua," tambahnya.

Lebih lanjut, pria asal Bangkalan tersebut juga menghimbau agar para awak media mau membantu pemerintah untuk mensukseskan pargelaran Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, yang akan berlangsung di Indonesia pada Agustus 2018 mendatang.

"Oleh karena itu saya mengajak semua insan media di Indonesia untuk satukan tekad sukseskan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang sudah di depan mata. Jadilah energi yang lahirkan asa dan inspirasi segenap bangsa yang mengawal hadirnya kembali kejayaan olahraga Indonesia. Panjang Umur Jurnalisme Indonesia," pungkasnya.