MotoGP

Empat Motor Nicky Hayden Akan Meriahkan MotoGP Italia

Senin, 29 Mei 2017 21:36 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006. Copyright: © JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006.

Penghormatan untuk kepergian juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, akan digelar di Sirkuit Mugello dalam balapan yang berlangsung 2 hingga 4 Juni mendatang. Empat motor bersejarah dalam karier Hayden akan dipajang selama balapan.

Keempat motor tersebut menjadi saksi perjalanan karier The Kentucky Kid di MotoGP, yakni saat membela tim Repsol Honda, Ducati, dan Aspar. Satu motor lagi adalah yang dipakainya di kejuaraan dunia Superbike. Motor dari tim Repsol Honda itulah yang membawa Hayden menjadi juara dunia 2006, menghentikan dominasi Valentino Rossi pada saat itu.

Sebelumnya, penghormatan untuk Hayden juga dilakukan sebelum balapan Superbike di Donington Park, Minggu (28/05/17) lalu. Tim Red Bull Honda World Superbike memimpin jalannya mengheningkan cipta selama satu menit, sambil mengelilingi motor dan helm milik Hayden.

Pada hari ini (29/05/17) waktu setempat, Hayden dimakamkan di Gereja Katedral Saint Stephen yang berlokasi di kota kelahirannya di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat.

Hayden meninggal dunia setelah tertabrak mobil saat tengah bersepeda di Italia, Senin (22/05/17). Ia mengembuskan napas terakhirnya usai menjalani masa kritis selama hampir sepekan karena kerusakan otak yang parah.