MotoGP

Terlempar dari Barisan Depan, Ini Dalih Vinales

Minggu, 11 Juni 2017 15:17 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Maverick Vinales dalam lintasan balap. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Maverick Vinales dalam lintasan balap.

Babak kualifikasi MotoGP Catalunya yang berlangsung Sabtu (10/06/17) lalu menghadirkan banyak kejutan. Khususnya bagi salah satu pembalap utama Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Bila di seri-seri sebelumnya, pembalap berjuluk Top Gun itu selalu mendapat start di urutan depan, di Catalunya, Vinales harus menerima kenyataan memulai balapan utama dari urutan kesembilan.

Baca Juga

Ditemui setelah selesai melakoni sesi kualifikasi, pria kelahiran 12 Januari 1995 itu pun menjelaskan perihal yang terjadi, terkait kegagalannya merebut pole position.

"Kami mencoba yang terbaik hari ini dan melakukan sejumlah perubahan pada motor. Masalahnya, motornya tidak berakselerasi dengan baik dan terus berputar, terutama ketika saya melewati tikungan tiga dan empat," ujar Vinales seperti dikutip dari Crash.

© JEAN-FRANCOIS MONIER via Getty Images
Maverick Vinales saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Prancis Copyright: JEAN-FRANCOIS MONIER via Getty ImagesVinales finis di urutan kesembilan dalam kualifikasi MotoGP Catalunya.

Lebih lanjut, Vinales menyebut kondisi motornya cukup aneh saat sesi kualifikasi. Ia pun tidak memungkiri kondisi itu membuatnya kehilangan sentuhannya dalam memacu kecepatan di atas lintasan.

"Sungguh aneh. Saya tidak punya feeling yang bagus saat mengendarai motor ini. Motor saya seperti tidak ada cengkraman dan seolah-olah seperti sedang melompat," ujar Vinales.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap andalan Yamaha, Maverick Vinales. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesVinales merasa ada yang aneh dengan motornya saat kualifikasi.

Meski tidak berada di urutan terdepan saat balapan, mantan pembalap Suzuki itu optimistis peluangnya untuk meraih podium juara tidak tertutup.

"Besok kami akan tampil all out dan memberi yang terbaik. Saya punya teknik bagus untuk menyalip pembalap lain. Jadi, lihat saja balapan utama dan kami harap bisa tampil dengan kuat," pungkasnya.

© Dan Istitene/Getty Images
Pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Copyright: Dan Istitene/Getty ImagesVinales berharap saat balapan utama ia mampu melewati pembalap di depannya.

Sedikit informasi, hasil buruk kualifikasi MotoGP Catalunya tidak hanya dirasakan Vinales. Rekan satu timnya, Valentino Rossi juga mengalami hal serupa dan harus memulai balapan dari urutan ke-13.