MotoGP

Tikung Marc Marquez, Andrea Dovizioso Juarai GP Austria

Minggu, 13 Agustus 2017 20:07 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa di podium GP Austria 2017. Copyright: © Getty Images
Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa di podium GP Austria 2017.

Andrea Dovizioso tampil cemerlang di MotoGP Austria yang berlangsung di Red Bull Ring. Ducati yang menguasai podium 1-2 di musim lalu, kini mengantarkan Dovizioso meraih kemenangan ketiganya di musim ini.

Jalannya Balapan

Jorge Lorenzo yang start dari posisi ketiga, langsung melesat memimpin balapan sejak lap kedua, menyalip Marquez dan Dovizioso. Sementara dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, menguntit di posisi empat dan lima.

© Twitter/MotoGP
Jorge Lorenzo langsung melesat ke urutan pertama setelah start. Copyright: Twitter/MotoGPJorge Lorenzo langsung melesat ke urutan pertama setelah start.

Malang bagi pembalap KTM, Pol Espargaro. Baru di lap kedua, ia harus keluar dari lintasan karena masalah rem belakang setelah tubrukan di awal balapan. Tak lama berselang, Jonas Folger juga ditarik dari balapan setelah masuk ke pit.

Sementara itu di lini depan, pertarungan sengit terjadi di antara Lorenzo, Marquez, dan Dovizioso. Pembalap Ducati bernomor empat itu memanfaatkan kelengahan Marquez dan sukses menyalip pembalap Spanyol tersebut. Namun Marquez yang menolak bermain aman, merebut kembali posisi kedua.

Di belakang tiga pembalap yang bersaing ketat tersebut, diam-diam Rossi sempat menyeruak ke posisi empat, sejak start dari posisi ketujuh. Namun sedikit kesalahan yang dilakukan The Doctor di tikungan pertama, membuatnya melorot lagi ke posisi tujuh.

Jelang lima lap terakhir, giliran Marquez yang melakukan kesalahan fatal dengan keluar jalur saat melewati tikungan ketiga. Peluang emas yang langsung dimanfaatkan Dovizioso dan kembali memimpin balapan. Sementara itu, Dani Pedrosa yang pelan-pelan mencari posisi, sukses merebut posisi ketiga dari Lorenzo.

Memasuki lap terakhir, balapan sengit nan menegangkan terjadi antara Dovizioso dan Marquez yang bersaing ketat di lini terdepan. Marquez nekat memepet pembalap Ducati tersebut dan sempat menyalip. Namun Marquez yang seolah tampak sedikit kehilangan kendali, harus merelakan Dovi naik podium tertinggi di Red Bull Ring.

Pedrosa yang start dari posisi kedelapan, mampu melangkahi Johann Zarco, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi untuk mengamankan podium di peringkat ketiga.