Formula 1

Max Verstappen Juarai GP Malaysia

Minggu, 1 Oktober 2017 15:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Max Verstappen juara GP Malaysia 2017. Copyright: © INDOSPORT
Max Verstappen juara GP Malaysia 2017.

Max Verstappen sukses mengasapi Lewis Hamilton dan Daniel Ricciardo untuk naik di podium tertinggi GP Malaysia, Minggu (01/10/17). Meski hanya jadi runner up, Hamilton masih memuncaki klasemen Formula 1 dengan .

Jalannya Balapan

Hujan deras yang melanda Sirkuit Internasional Sepang beberapa jam sebelumnya membuat para pembalap bersiap-siap melakoni balapan basah. Namun hanya sebentar, lintasan sudah kembali mengering.

Balapan baru mau dimulai, drama sudah terjadi di pit lane. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, tak bisa membalap karena mobilnya mengalami masalah turbo.

Lewis Hamilton yang start dari posisi pertama, terus memimpin hingga lap keempat. Namun setelahnya, Max Verstappen sukses merebut posisi terdepan setelah melewati tikungan 1.

Progres baik dilakukan pembalap rookie Lance Stroll yang loncat ke urutan kedelapan dari posisi start ke-13. Sementara itu di belakangnya menyusul Kevin Magnussen yang start balapan dari posisi ke-17.

Hingga lap 20, Verstappen masih memimpin. Hamilton dan Daniel Ricciardo menggenapi posisi kedua dan ketiga. Sementara posisi keempat diisi Valtteri Bottas. Sergio Perez berada di urutan kelima, tetapi satu lap berikutnya, ia disalip oleh Sebastian Vettel.

Lap 26, terjadi insiden antara Carlos Sainz dan Esteban Ocon yang menyebabkan mobil Ocon sempat berputar. Namun Sainz-lah yang harus keluar dari lintasan karena masalah mesin.

Memasuki lap ke-45, posisi tiga besar Verstappen-Hamilton-Ricciardo masih belum tersentuh. Vettel yang kini berada di posisi keempat sudah mengintai pembalap Red Bull untuk mengunci setidaknya satu tempat di podium.

Namun di lap final, Verstappen sudah tak terkejar lagi dan sukses menyabet kemenangan di GP Malaysia sebagai kado ulang tahunnya yang ke-20 pada Sabtu (30/09/17) kemarin. Pembalap Belanda ini terpaut 12,770 detik dari sang runner up, Lewis Hamilton.

Sementara itu Vettel menempati peringkat empat dan mengalami insiden di akhir balapan. Mobilnya terkena kontak dengan mobil Stroll hingga salah satu bannya terlepas.