Terungkap, Rossi Tunjuk Biang Keladi Kegagalannya di MotoGP 2017

Kamis, 16 November 2017 17:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Valentino Rossi dalam sebuah konferensi pers. Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi dalam sebuah konferensi pers.

Usai mengakhiri musim ini dengan keluarnya Marc Marquez sebagai juara dunia MotoGP 2017, selama beberapa pekan ini, para pembalap akan mulai disibukkan dengan balapan uji coba akhir musim. 

Balapan tes ini dilakukan untuk menguji performa yang dibutuhkan oleh motor balap baru pada musim depan nanti. Salah satunya adalah tim Yamaha Movistar, yang sepanjang musim ini bergulat dengan sejumlah masalah mesin. 

© internet
Bradley Smith, Katsuyuki Nakasuga dan Pol Espargaro. Copyright: internetBradley Smith, Katsuyuki Nakasuga dan Pol Espargaro.

Baru-baru ini, kabar kurang mengenakan santar terdengar soal siapa biang keladi dibalik kegagalan Yamaha selama menjalani laga di musim ini. Nama test rider asal Jepang, Katsuyuki Nakasuga pun mencuat. 

Nama Nakasuga mencuat usai pembalap utama mereka, Valentino Rossi membeberkan penyebab kegagalan Yamaha selama MotoGP musim ini. The Doctor memberi tudingan miring tersebut pada test rider Yamaha tersebut, seperti dilansir Foxsport Asia.

Rupanya bukan tanpa alasan Rossi sampai menuduh pembalap penguji Yamaha itu. Hal tersebut berdasarkan pada kesulitan yang dihadapinya dan rekan setimnya, Maverick Vinales ketika beradaptasi dengan sasis M1 2017.

Ketimbang Nakasuga, Rossi justru lebih kepincut dengan pembalap penguji milik Ducati, Michel Pirro. Pembalap Italia itu melihat bahwa Pirro banyak membawa perkembangan bagi Andrea Dovizioso selama menjalani musim ini bersama Ducati. 

© Gaetano Piazzolla/Pacific Press/LightRocket via Getty Images
Michele Pirro usai menjalani sesi latihan bebas di Aragon Copyright: Gaetano Piazzolla/Pacific Press/LightRocket via Getty ImagesMichele Pirro usai menjalani sesi latihan bebas di Aragon

Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan sebelumnya, dimana Rossi sempat memberikan pujian pada Nakasuga tersebut. Terlebih lagi ketika membandingkannya dengan pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. 

Balapan uji coba akan kembali dilaksanakan pada pekan depan, tepatnya 23 dan 24 November mendatang di Sirkuit Jerez, Spanyol. Momen uji coba ini tentunya akan turut dimanfaatkan oleh para pembalap anyar MotoGP musim depan untuk memahami betul performa mesin yang mereka butuhkan.