x

Jelang MotoGP Spanyol 2018, 5 Sejarah Dramatis Ini Tersimpan di Sirkuit Jerez

Jumat, 4 Mei 2018 18:58 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil
Konflik antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau

MotoGP Spanyol 2018 akan segera digelar pada akhir pekan ini, tepatnya pada Minggu (06/05/18) mendatang. Dihelat di Sirkuit Jerez, persaingan dan drama masih menjadi yang paling dinanti oleh para pencinta MotoGP.

Dominasi pembalap Italia dan Spanyol kerap mewarnai kemenangan di MotoGP seri ini. Terlebih lagi bagi dua sosok yang menyimpan rivalitas besar, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Sirkuit Jerez Spanyol

Bermain di kandang sendiri, Marquez tak akan segan-segan mengeluarkan tajinya di hadapan para pendukungnya. Namun, bagi Rossi sendiri, Sirkuit Jerez menjadi lintasan kesukaannya di sepanjang seri MotoGP, tentu saja hal itu menjadi motivasi untuk meraih kemenangan baginya.

Di balik itu semua, Sirkuit Jerez sendiri menjadi saksi bisu momen-momen panas tak terlupakan dari perhelatan panjang MotoGP selama beberapa musim lamanya. Duel sengit pun tak pernah absen di lintasan ini.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum 5 momen panas paling tak terlupakan yang mewarnai MotoGP Spanyol sepanjang sejarah perhelatan kompetisi balap motor tingkat internasional tersebut.


1. 1. Duel Dramatis GP Spanyol 1996

Caption

Dalam gelaran MotoGP Spanyol 1996 silam, terjadi persaingan sengit untuk mencapai finish dan keluar sebagai pemenang antara pembalap Australia Mick Doohan dan rival Spanyolnya Alex Criville.

Kepanikan dari duel tersebut terjadi di lap terakhir balapan tersebut. Aksi saling salip antar keduanya mewarnai detik-detik menuju garis finish, namun sayang Criville terjatuh dari motornya hingga kemenangan pun berhasil diraih oleh Doohan.


2. 2. Konfrontasi Panas Ross-Gibernau

Valentino Rossi ketika berduel dengan Sete Gibernau di Jerez.

Jerez menjad saksi bisu perseteruan panas yang terjadi di antara pembalap Italia Valentino Ross dan juga pembalap Spanyol Sete Gibernau. Keduanya memang tercatat sebagai salah satu rivalitas bersejarah di ajang MotoGP.

Dalam gelaran MotoGP Spanyol 2005 silam, lap terakhir menyimpan momen yang begitu dramatis bagi Rossi dan Gibernau. Kemenangan berhasil ia raih usai dirinya berusaha untuk menyalip Gibernau dari dalam tikungan.

Rupanya aksi tersebut berbuah senggolan dan mengubah nasib Gibernau di balapan tersebut. Gibernau terpaksa keluar dari lintasan dan membuat Rossi memenangkan laga di Sirkuit Jerez tersebut. 


3. 3. Drama Rossi-Elias tahun 2006

Valentino Rossi dan Toni Elias

Kala itu, Rossi tengah menjalani balapan di Sirkuit Jerez pada 2006 lalu. Insiden panas rupanya sudah terjadi sejak lap pertama dimana dirinya terjatuh karena bersenggolan dengan pembalap lainnya Toni Elias.

Rossi benar-benar dibuat kesal oleh insiden tersebut. Beruntung dari insiden tersebut Elias tetap mampu menjaga keseimbangan dan terus melaju hingga finish di posisi keempat.

Usai finish, Elias langsung mendatangi oleh Rossi untuk meminta maaf. Momen tersebut kembali terulang di GP Argentina 2018, dimana Marquez menyenggol Rossi hingga terjatuh dan pembalap Spanyol itu langsung mendatangi paddock Rossi untuk meminta maaf. 


4. 4. Penyataan Menohok Stoner ke Rossi

Valentino Rossi dan Casey Stoner

Tidak ada yang pernah akan lupa dengan insiden ketika Rossi membuat pembalap Australia Casey Stoner terjatuh saat menjalani balapan MotoGP Spanyol 2011 lalu. Rossi sadar betul akan kesalahan tersebut.

Rossi pun mendatangi Stoner berada untuk meminta maaf usai balapan berakhir. Kata-kata legenda itu pun terucap untuk menggambarkan sosok Rossi di lintasan. "Ambisimu melebihi kemampuanmu."


5. 5. Demi Posisi Dua, Marquez 'Dorong' Lorenzo

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo

Duel sengit mewarnai MotoGP Spanyol 2013 lalu, dimana duo Spaniard tengah memperebutkan posisi kedua. Kala itu, balapan masih dipimpin oleh Dani Pedrosa. Lorenzo saat itu berada di posisi kedua.

Dalam sebuah tikungan, Marquez memanfaatkan situasi untuk menyalip Lorenzo dari dalam. Aksi tersebut pun melahirkan sebuah senggolan yang akhirnya memaksa Lorenzo akhirnya keluar dari lintasan.

Marc MarquezValentino RossiJorge LorenzoMotoGPCasey StonerMotoGP SpanyolSete GibernauSirkuit JerezMotoGP 2018

Berita Terkini