x

Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar Balapan MotoGP Indonesia 2022

Senin, 14 Maret 2022 19:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit telah siap untuk menggelar pekan balapan MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

INDOSPORT.COM – Lintasan di Pertamina Mandalika International Circuit sudah siap digunakan untuk menggelar pekan balapan MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Hal ini dipastikan setelah sirkuit kebanggaan Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat tersebut diperiksa pihak FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional), Senin (14/03/22).

Baca Juga

Pihak MGPA (Mandalika Grand Prix Association) juga sudah melakukan upaya antisipasi, yakni pemberian homologasi grade A sebelum race weekend seri kedua MotoGP 2022 dimulai.

Sementara itu, pengerjaan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sesuai permintaan FIM dan Dorna selama satu minggu penuh sudah selesai pada Kamis (10/03/22) kemarin.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria,  mengungkapkan bahwa pengerjaan aspal ulang ini merupakan bukti komitmen ITDC dan MGPA untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Baca Juga

Pihak Dorna dan FIM sebenarnya hanya menyarankan perbaikan di beberapa tikungan lintasan sepanjang 4,31 km tersebut. Namun, Priandhi mengatakan pihaknya bisa menyelesaikan melebihi target.

“Namun, karena waktunya cukup, PT Pembangunan Perumahan melakukan pengelupasan aspal ulang dari setelah Tikungan 16 hingga ke Tikungan 5,” tutur Priandhi pada Senin (14/3/22) dalam rilis yang diterima INDOSPORT.COM.

“Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat.”

Baca Juga

“Pihak FIM akan datang pada hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi.”

Dikatakan pula oleh Priandhu, pembangunan lintasan di Sirkuit Mandalika ini cukup menantang terutama dalam hal kecepatan para pebalap yang akan beraksi.


1. Masih Ada Perbaikan Minor Jelang MotoGP Indonesia

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

“Tak mudah membuat permukaan lintasan. Di Indonesia belum pernah ada lintasan dilewati dengan kecepatan melebihi 250 km/jam,” sambung Priandhi.

“Ini bisa sampai 300 km/jam bukan hanya jalan lurus tapi juga tikungan.”

Baca Juga

“Ibaratnya kalau kita menulis di kertas lalu disetip terus-terusan pasti kertasnya bolong. Lintasan juga mungkin terkikis. Mungkin ketika itu ada banyak faktor, cuaca, dll yang membuat kualitasnya tidak sebagus sekarang.”

Beberapa hal lain juga masih terus dibenahi memasuki pekan balapan, yakni cat warna merah-putih di kerb dan cat hijau di run-off area.

Baca Juga

Selain itu tembok dibersihkan dan juga ada beberapa titik yang dikasih global branding, yakni sponsor-sponsor yang bekerja sama dengan Dorna di seluruh event Kejuaraan Dunia MotoGP.

Namun, Priandhi mengatakan syarat utama homologasi adalah lintasan.

Baca Juga

“Paling penting aspal, lainnya hanya beautifikasi. Kami optimistis bisa dapat homologasi grade A dan penyelenggaraan MotoGP aman.”

“Semoga penonton dan masyarakat Indonesia mendukung keberadaan MotoGP 2022 demi Indonesia lebih dikenal di mata dunia,” tuturnya.


2. Jadwal MotoGP Indonesia di Mandalika

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Balapan seri kedua MotoGP musim 2022 akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret mendatang.

Sirkuit Mandalika ini merupakan lintasan baru yang masuk kalender balapan roda dua dunia paling akbar.

Banyak pembalap MotoGP yang terkesima dengan Sirkuit Mandalika setelah sempat menjalani tes pramusim pada 11-13 Februari lalu. Mereka tak sabar beraksi di balapan sesungguhnya pekan depan.

Baca selengkapnya: Jelang GP Indonesia, Ini Keunggulan Sirkuit Mandalika yang Tak Dimiliki Lintasan Lain di Dunia

MotoGPMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini