x

Kejaksaan Brasil Siap Investigasi Nelson Piquet Terkait Kasus Rasisme Terhadap Lewis Hamilton

Rabu, 13 Juli 2022 22:18 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
Nelson Piquet, legenda tim F1 McLaren.

INDOSPORT.COM – Mantan pembalap F1, Nelson Piquet, dipanggil oleh pengadilan Federal Brasil mengikuti tuduhan rasisme dan homophobia atas pembalap Inggris, Lewis Hamilton.

Tuduhan yang diajukan oleh sekelompok orang atas nama hak asasi manusia (HAM) ini ingin Piquet membayar 10 juta real (Rp27,5 miliar) karena diduga menodai moral orang kulit hitam dan kaum LGBTQ +.

Belum lama ini, muncul sebuah rekaman saat lelaki berusia 69 tahun itu mengutarakan cercaan homofobik kepada Hamilton, bersamaan dengan kata-kata yang menyinggung secara rasial.

Baca Juga

Seorang hakim di Brasil pada hari Senin (11/07/22) lalu akhirnya membuka penyelidikan atas tuduhan Piquet telah menghina secara rasis dan homofobik terhadap Hamilton.

Tuduhan itu diajukan oleh empat kelompok HAM yang menginginkan juara dunia tiga kali tersebut untuk membayar 10 juta real Brasil karena telah mendiskriminasi kelompok tertentu.

Piquet akan memiliki 15 hari untuk menyatakan kasusnya kepada Hakim Felipe Costa da Fonseca Gomes dari pengadilan Distrito Federal.

Baca Juga

Hingga saat ini, mantan pembalap F1 kelahiran Rio de Janeiro tersebut tidak membalas permintaan komentar dari The Associated Press.

Akan tetapi, sebuah rekaman wawancara Piquet muncul dari tahun lalu, di mana ia dua kali terdengar menggunakan ungkapan rasis dalam bahasa Portugis ketika merujuk kepada Hamilton.

Dalam rekaman terkait, Piquet tampak sedang mendiskusikan tabrakan antara Hamilton dan Max Verstappen selama F1 GP Inggris 2021.

Baca Juga

"[istilah rasis] itu menempatkan mobilnya di sana untuk menabraknya (Max) dengan sengaja," kata Piquet.


1. Hamilton Berikan Pernyataan

Lewis Hamilton, juara F1 2020

Selanjutnya, ia ditanya soal apa Hamilton akan membuat tikungan di Copse. Tanpa pikir panjang, Piquet pun berkata, "Dia? Tidak akan pernah!”

"Dia (Hamilton) ingin membawa Max keluar tak peduli berapa biayanya. [istilah rasis] meninggalkan mobilnya di sana untuk menabrak Max,”

"Ini semua karena kalian tidak tahu soal tikungan itu. Itu adalah tikungan yang sangat cepat dan dua mobil tidak mungkin bisa melewatinya. Itu adalah trik kotor!” katanya.

Baca Juga

Segera saja, hal itu menimbulkan kecaman luas dari seluruh paddock F1 dan FIA.

Hamilton sendiri menyerukan adanya tindak lanjut dan bersikeras bahwa "pola pikir kuno itu perlu diubah dan tidak memiliki tempat dalam olahraga".

Menjelang GP Inggris tahun ini, Hamilton mengeluarkan tanggapan yang bermartabat terhadap komentar Piquet tersebut dalam akun Twitter-nya.

Baca Juga

"Ini lebih dari sekadar bahasa. Pemikiran kuno semacam ini perlu diubah dan tidak mendapat tempat di dalam olahraga,”

“Saya telah dikelilingi oleh perilaku semacam ini dan menjadi target sepanjang hidup saya. Padahal ada banyak waktu untuk belajar (berubah). Sekarang waktunya bertindak,” cuitnya pada hari Selasa (28/06/22).

Sehari sebelum cuitan Hamilton tersebut, Piquet juga telah mengeluarkan pernyataannya untuk “menjernihkan cerita".

Baca Juga

Ayah dari Kelly Piquet itu, kekasih Verstappen saat ini, meminta maaf dengan sepenuh hati kepada Hamilton, tetapi ia juga mengutuk para fans yang menuduh bahwa ia secara rasial telah melecehkan sesama juara dunia F1 itu.


2. Hamilton Terancam Dicopot dari Mercedes

Michael Schumacher dan Lewis Hamilton di GP Monaco 2012.

Menyusul kegagalannya secara beruntun, pembalap Formula 1 asal Inggris Lewis Hamilton terancam bisa menjual kursi Mercedes-nya.

Masa depan pembalap Formula 1 kelahiran Stevenage, Inggris, dalam dunia olahraga itu tengah dipertanyakan.

Ada rumor bahwa kepala Mercedes, Toto Wolff, sedang mempersiapkan kesepakatan dalam menemukan mitra baru untuk George Russell.

Menurut mantan supremo F1, Bernie Ecclestone, Hamilton seakan makin tidak peduli dengan kekalahan. Hal itulah yang membuat Wolff muak.

Seperti diketahui bersama, pembalap berusia 37 tahun itu memang tengah menjalani salah satu musim terberat dalam kariernya dengan Mercedes. Ia tidak mampu bersaing dengan Red Bull dan Ferrari di depan grid.

Baca selengkapnya: Formula 1: Gagal Terus, Lewis Hamilton Terancam Dicopot dari Mercedes

Lewis HamiltonFormula 1FIANelson Piquet

Berita Terkini