x

Sah! Max Verstappen Rengkuh Juara Dunia Formula 1 2022

Minggu, 9 Oktober 2022 18:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang. REUTERS/Kim Kyung-Hoon.

INDOSPORT.COM – Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, sah dinobatkan sebagai juara dunia ajang balapan Formula 1 musim 2022.

Pembalap berkebangsaan Belgia-Belanda tersebut berhasil mempertahankan statusnya sebagai juara dunia yang dia torehkan di Formula 1 musim lalu.

Baca Juga

Max Verstappen memastikan juara dunia setelah memenangi balapan F1 GP Jepang 2022 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (09/10/22) malam WIB kemarin.

Verstappen tampil dominan pada balapan dengan kondisi trek basah sepanjang 28 putaran. Namun perjuangannya tidak mudah sama sekali.

Apalagi balapan yang diadakan di Sirkuit Suzuka tersebut sempat tertunda lama karena cuaca buruk dan sejumlah insiden kecelakaan di lap pembuka.

Baca Juga

Bahkan di awal balapan di Sirkuit Suzuka, Verstappen yang start di pole position, sempat diasapi oleh pembalap Ferrari, Chales Leclerc.  

Beruntung, Verstappen tak butuh waktu lama untuk kembali jadi yang terdepan. Verstappen mengungguli Leclerc di urutan pertama dengan margin waktu mencapai 24 detik.

Melansir dari crash.net, kemenangan Max Verstappen ini sekaligus menyelesaikan gelar juara dunia Formula 1 2022 dengan empat balapan tersisa.

Baca Juga

Verstappen kini mengumpulkan 366 poin di puncak klasemen F1. Sergio Perez menyusul dengan 253 poin, unggul satu angka atas Charles Lecrec.

Titel kedua yang direbut Verstappen secara beruntun itu terasa lebih indah bagi sang pebalap Red Bull, setelah mengarungi 18 balapan terakhir dengan 12 kemenangan.


1. Juara Dunia F1 2022, Verstappen: Tahun yang Spesial

Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang.

"Saya rasa yang pertama (gelar juara) selalu sedikit emosional. Tapi yang kedua ini mungkin lebih indah... Musim yang kami jalani dengan berbagai kemenangan ini, balapan yang hebat, kerja sama tim, juga finis 1-2 yang kami miliki," kata Verstappen dikutip dari laman resmi F1.

"Kami juga memimpin klasemen konstruktor, jadi kami benar-benar ingin fokus untuk mencoba mengamankan itu."

Baca Juga

"Ini tahun yang spesial dan yang benar-benar bisa mengingatkan Anda, karena tahun-tahun seperti ini jarang ada."

Ini merupakan gelar juara dunia yang kedua untuk Verstappen di usianya yang baru 25 tahun 10 hari. 

Verstappen merebut titel pertamanya setelah memenangi duel dengan Lewis Hamilton hingga lap terakhir balapan pemungkas musim di Abu Dhabi yang kontroversial.

Baca Juga

Dengan demikian, Verstappen resmi jadi pembalap termuda kedua yang mampu meraih dua kali juara dunia Formula 1.

Rekor pertama juara dunia termuda masih dipegang oleh Sebastian Vettel, yang memenangkan gelar keduanya di usia 25 tahun 9 hari.

Baca Juga

Sedangkan Lewis Hamilton, baru berhasil meraih gelar keduanya saat berusia 29 tahun 321 hari.

Selanjutnya, Formula 1 2022 masih akan melangsungkan empat seri balapan tersisa musim ini, F1 GP Amerika (24 Oktober), GP Meksiko (31 Oktober), GP Brazil (14 November), dan GP Abu Dhabi (20 November).


2. Marc Marquez Beri Ucapan kepada Max Verstappen

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Pembalap MotoGP, Marc Marquez, mengucapkan selamat kepada Max Verstappen usai menjadi juara dunia Formula 1 2022.

Ucapan selamat Marquez kepada Verstappen sendiri diunggah dalam instastory dalam akun instagram pribadinya.

Dalam instastory-nya itu, Marc Marquez mengunggah foto Verstappen usai finish di posisi terdepan. Balapan Formula 1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka sendiri diwarnai dengan hujan deras yang membuat red flag dikibarkan.

Balapan dihentikan sementara setelah tiga lap. Saat balapan dihentikan, Verstappen sudah berada di posisi terdepan. Di posisi belakang Verstappen, terdapat Sergio Perez dan Charles Lecrerc di posisi kedua dan ketiga.

Sebelumnya terdapat kebingungan soal status Max Verstappen sebagai juara dunia Formula 1 (F1). karena terdapat penalti yang membuat Perez turun ke posisi kedua.

Baca selengkapnya: Marc Marquez Ucapkan Selamat kepada Verstappen, Reaksi Netizen Mengejutkan

Red Bull F1Max VerstappenFormula 1F1 JepangFormula 1 2022

Berita Terkini