x

Jadi Santa Claus, Aksi Mulia Marc Marquez Sumbang Uang Rp1,6 Miliar untuk Warga Haiti

Rabu, 21 Desember 2022 20:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pembalap MotoGP, Marc Marquez menunjukkan aksi mulianya bak seorang Santa Claus karena sumbang uang senilai Rp1,6 miliar untuk membantu warga Haiti.

INDOSPORT.COM – Pembalap MotoGP, Marc Marquez menunjukkan aksi mulianya bak seorang Santa Claus karena sumbang uang senilai Rp1,6 miliar untuk membantu warga Haiti.

Melansir dari Speedweek, Marc Marquez menjelma bak seorang Santa Claus jelang Hari Natal 25 Desember 2022, usai dikabarkan telah menyumbang dana senilai 100 ribu euro atau Rp1,6 miliar untuk proyek amal ‘Learn for Sight’.

‘Learn for Sight’ merupakan proyek amal yang aktif sejak 2016, untuk membantu menyembuhkan penyakit mata yang diderita oleh masyarakat di Haiti.

Haiti bisa dibilang sebagai salah satu negara termiskin di dunia, di mana lebih dari 11 juta penduduknya, rata-rata lebih dari 100 ribu orang menderita penyakit mata dan bahkan kebutaan.

Penyakit yang diderita masyarakat Haiti bisa disembuhkan dengan sarana pengobatan yang tepat dan tersedia, maka proyek amal ‘Learn for Sight’ sangat dibutuhkan.

Baca Juga

Marc Marquez sendiri ternyata ditunjuk sebagai duta amal dan suport aksi terpuji itu memang sejak lama.

Apalagi Marquez sebelumnya memang menderita penyakit mata diplopia dua kali selama menjadi seorang pembalap profesional.

Baca Juga

Sekadar informasi, diplopia atau cedera penglihatan alias penglihatan ganda yang pernah ia rasakan pada 2011 dan terbaru pada 2021, lalu kembali kambuh pada 2022.

Maka tak heran jika The Baby Alien dianggap bak Santa Claus dengan ditunjuk sebagai duta amal dan berkontribusi di proyek ‘Learn for Sight’.

Marc Marquez juga mengatakan bahwa proyek ‘Learn for Sight’ sangat bagus dan memang perlu mendapatkan dukungan.

Baca Juga

1. Aksi Mulia Marc Marquez

Pebalap MotoGP Marc Márquez sempat alami cedera mata diplopia. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

“Ini proyek yang sangat bagus karena saya pernah merasakannya. Anda bisa membantu negara yang memang membutuhkan bantuan, hal ini bisa menyelamatkan keluarga di sana,” kata Marc Marquez dalam wawancara bersama MotoGP.

“Saya menyadari bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan dukungan. Terutama saat anda memiliki hubungan yang baik dengan dokter dan terutama ketika anda pernah memiliki masalah penglihatan dan saya sangat tenang bisa membantu,” ujarnya.

Marquez sebelumnya mencurahkan hatinya bahwa Diplopia yang ia derita begitu menyiksanya.

Pasalnya, The Baby Alien tidak bisa balapan dan juga harus mendapatkan dampingan karena masalah penglihatan gandanya.

“Cedera di lengan terasa sakit, namun anda bisa melupakannya. Tapi saat penglihatan anda menjadi ganda, anda tak bisa melupakannya kecuali saat tertidur,” tukas juara dunia delapan kali tersebut.

Baca Juga

Dr. Jorge Peraza selaku manajer proyek ‘Learn for Sight’ dari Klink Barcelona mengatakan Marc Marquez memiliki andil besar dalam proyek tersebut.

“Marc Marquez merupakan sosok terkenal di dunia olahraga. Bagi kami itu sangat penting, terutama karena dukungan finansial yang dia berikan kepada kami,” kata Dr. Jorge Peraza.

Baca Juga

“Dia juga ingin memberikan kembali kepada masyarakat apa yang diberikan kepadanya. Kami berada terhormat Marc Marquez berkolaborasi dengan kami dalam proyek yang luar biasa ini,” tambahnya.

Sekadar informasi, MotoGP sebelumnya telah resmi merilis kalender sementara untuk musim 2023 tahun depan.

Dalam kalender sementara, terdapat 21 seri balapan yang rencananya akan digelar pada tahun 2023 mendatang. MotoGP Portugal bakal menjadi pembuka pada 26 Maret 2023 lalu ditutup dengan MotoGP Valencia pada 26 November tahun depan.

Baca Juga
Marc MarquezMotoGPBerita MotoGP

Berita Terkini