x

7 Julukan untuk Rider di MotoGP 2023, Salah Satu Dipanggil ‘Sang Iblis’

Senin, 6 Februari 2023 16:38 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez.

INDOSPORT.COM - Atlet-atlet elite biasanya mendapat julukan, begitupun para rider yang akan mengaspal di MotoGP 2023. Berikut 7 julukan untuk para pembalap motor jempolan dunia. 

Biasanya julukan disematkan kepada seorang atlet karena hal-hal yang identik dengan sikap, gaya mereka di arena balapan, atau di luar balapan. 

Baca Juga

MotoGP 2023 ini akan sangat menarik karena selain banyak rider yang diunggulkan, terdapat sejumlah julukan yang harus kamu ketahui. 

Ada pembalap yang mendapat julukan karena karakter supel, ada juga karena berdasarkan penampilannya di atas arena balap. 

Lalu ada juga karena tim yang memberi julukan kepada para rider atau para penggemar kepada rider kesayangan masing-masing. 

Baca Juga

Berikut ini sudah INDOSPORT rangkum 7 julukan untuk rider di MotoGP 2023 yang wajib kamu tahu. 

7. Maverick Vinales

Salah satu rider berpengalaman, yang akan kembali menguji kualitasnya, Maverick Vinales juga mendapatkan julukan yang unik. 

Namanya saja Maverick, yang mana karena sang ayah memang merupakan fans berat dari film ‘Top Gun’.

Baca Juga

Entah kebetulan atau tidak, Vinales pun dijuluki ‘Top Gun’ sebagai julukan di MotoGP, padahal dia sebelumnya tidak peduli soal alasan kenapa namanya ‘Maverick’. 

Setelah mengetahuinya, Vinales mengaku senang dengan nama depannya ‘Maverick’ yang membuatnya memiliki karakter kuat sebagai pembalap profesional. 


1. 6. Franco Morbidelli

Enea Bastianini

Franco Morbidelli memiliki julukan ‘Morbido’ dari teman-teman sepermainannya, yang ternyata itu merupakan bahasa Italia. 

Artinya adalah kalem, yang mewakili sikap Morbidelli baik itu di luar dan dalam arena balap. Ketika berada di paddock, Morbido benar-benar pendiam dan cukup dewasa. 

Baca Juga

5. Jack Miller

Jack Miller merupakan rider yang dikenal punya selera humor tinggi dan senang bertingkah konyol. Entah berkaitan atau tidak, dia juga cukup sering mengalami kecelakaan di arena balap.

Sehingga fans menyebutnya dengan julukan ‘Jackass’ karena dianggap sembrono. Namun, sejak naik level ke MotoGP pada 2015, dia sampai sekarang menjuluki dirinya dengan sebutan ‘The Thriller’. 

4. Marc Marquez

Marc Marquez merupakan pembalap top yang sudah beberapa kali menjuarai MotoGP. Dia juga mendapat julukan yaitu The Atomic Ant (semut atom). 

Baca Juga

Julukan ini dikarenakan tubuh Marquez sangatlah mungil tapi mampu menjadi lawan seimbang bahkan mengalahkan para rider yang lebih tua darinya. 

Hingga kini, julukan itu masih disematkan bahkan bisa kita lihat di helm Marquez, yang selalu memasang gambar semut di sana. 

3. Enea Bastianini

Ada rider yang memiliki julukan Bestia, atau artinya adalah The Beast alias sang monster, yang tersemat dalam diri Bastianini sejak dia masih kecil. 

Baca Juga

Bahkan ketika dia tampil di Moto3 2016 lalu, Bestia menjadi nama panggilan sang rider oleh anggota tim di paddock. 

Julukan Monster dijadikan panggilan Bastianini karena dia mampu merusak persaingan yang sudah tersusun rapih di balapan, dan tidak jarang dia malah masuk podium.


2. 2. Fabio Quartararo

Pebalap Yamaha MotoGP Fabio Quartararo merayakan di podium dengan trofi setelah memenangkan balapan. Foto: REUTERS/Lisi Niesner

Rider selanjutnya adalah Fabio Quartararo, yang mendapatkan julukan Sang Iblis, atau lebih tepatnya dipanggil El Diablo. 

Julukan ini didapatkan ketika Quartararo masih anak-anak dan tampil di kejuaraan junior balap motor di Spanyol. 

Dijuluki El Diablo juga dikarenakan dia saat junior mengenakan helm replika milik rider ternama asal Italia, Roberto Locatelli, yang memang punya stiker Iblis. 

Baca Juga

1. Brad Binder

Dalam beberapa tahun terakhir, Brad Binder memang mulai dikenal oleh para fans MotoGP. Dia bahkan mendapat julukan BBBB yang artinya Big Balls Brad Binder. 

Panggilan ini dikarenakan gaya balapnya yang agresif dan juga berani tidak peduli kondisi trek yang dilalui motornya. 

Ketika dia menempati posisi pertama di MotoGP Austria 2021, motor yang ditungganginya memakai ban kering padahal sedang hujan lebat.

Marc MarquezMotoGPMaverick VinalesEnea BastianiniFranco MorbidelliFabio QuartararoMotoGP 2023

Berita Terkini