5 Penyebab Merosotnya Kekuatan Praveen/Debby di Atas Lapangan

Sabtu, 29 April 2017 16:21 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
© HUMAS PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto stelah pertandingan. Copyright: © HUMAS PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto stelah pertandingan.

Praveen/Debby belum mampu memenuhi ekspektasi PBSI yang menurunkan keduanya di ajang Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Asia 2017 di Wuhan, China.

Jadi andalan di sektor ganda campuran setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal tampil di ajang tersebut, Praveen/Debby justru menuai hasil yang cukup mengecewakan. Praveen/Debby gagal membawa pulang gelar dari ajang tersebut.

Mereka tumbang dari wakil China, Wang Yilyu/Huang Dongping dengan skor 22-24 dan 19-21 pada babak perempatfinal. Jadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa, kekalahan mereka tentunya memupus harapan Tanah Air untuk mencuri gelar dari kejuaraan itu.

Padahal sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Susy Susanti, sempat menyebut jika Praveen/Debby dan ganda putra, Angga Pratama/Ricky Karanda menjadi andalan di Kejuaraan Asia 2017.

Selepas juara di All England 2016, Praveen/Debby belum sekalipun meraih gelar juara lainnya hingga kini memasuki tahun 2017. Yang terjadi justru penampilan keduanya yang mengecewakan di berbagai ajang turnamen, tak cuma Super Series, bahkan saat dimainkan di ajang sekelas Grand Prix Gold, Praveen/Debby urung menjadi juara.

Tengok saja di ajang All England 2017 kemarin. Berstatus juara bertahan, Praveen/Debby justru angkat koper di babak awal saat kembali bertarung di Barclaycard Arena, Birmingham. Hasil tersebut tentu mengecewakan mengingat Praveen/Debby terus digadang-gadang sebagai penerus pasangan medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi/Liliyana.

Penampilan kurang maksimal Praveen disebut-sebut sebagai penyebab besar mandeknya prestasi mereka. Hal tersebut juga sempat diungkapkan Susy Susanti yang menilai Praveen harus bisa tampil lebih baik ketimbang saat ini jika masih berharap mencicipi gelar juara lainnya.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa kekurangan Praveen Jordan yang tidak mampu mengimbangi penampilan baik Debby Susanto saat berada di atas lapangan.