Monang Siagian, Mantan Atlet Difabel yang Sukses Buka Toko Mebel

Senin, 11 Desember 2017 22:04 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Keterbatasan bukanlah suatu penghalang bagi seseorang untuk bisa menghasilkan suatu karya terbaik. Seperti halnya sosok Monang Siagian. Mengalami sebuah kecelakaan pada usia 8 tahun, Monang Siagian harus rela kehilangan sebelah kakinya. 

Walau kondisi fisik terbatas, semangat hidup Monang Siagian tidak lantas ikut terbatas. Pria kelahiran 15 Juli 1962 ini membuktikan dengan menghasilkan karya dan prestasi. 

"Untuk apa saya malu, saya sama dengan yang lain, saya bisa melakukan seperti apa yang dilakukan orang lain," tegas Monang Siagian, yang dilansir INDOSPORT dari portal KPPBC TMP B Kuala Namu. 

© Istimewa
Monang Siagian mantan atlet yang sukses jadi pengusaha mebel. Copyright: IstimewaMonang Siagian mantan atlet yang sukses jadi pengusaha mebel.

Semangat itulah yang menjadi pegangan seorang Monang Siagian untuk memberanikan diri merantau ke Ibukota. Hanya bermodal ijazah SD, Monang Siagian mencoba peruntungannya sebagai seorang pemungut bola tenis di lapangan.

Menjadi seorang pemungut bola tenis di lapangan, Monang Siagian mulai mengenal dunia tenis dan mulai menekuni olahraga tersebut tanpa memikirkan keterbatasannya. Melihat semangatnya dalam menekuni olahraga tenis, salah seorang anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menawarkan dirinya untuk berlatih tenis secara serius pada saat itu. 

"Itulah awal saya belajar bermain tenis di atas kursi roda," papar Monang Siagian.

Selama menjadi atlet tenis, telah banyak prestasi yang berhasil diraihnya. Seperti Piagam Emas yang diraihnya dalam Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas) di Palembang pada 2004 untuk cabang tenis lapangan, sampai pernah menjadi peserta Olimpiade Penyandang Cacat di Melbourne, Australia. Selain itu, berbagai kompetisi di Korea, Thailand, Belanda dan Jepang juga pernah dia ikuti.  

Selain sebagai atlet olahraga, sejak tahun 2002 Monang Siagian juga memulai usaha rumah Barbie. Setelah melalui naik turun dunia bisnis, usaha rumah Barbienya kini terbilang sukses. Pria ini bahkan menambah kreasi lain seperti miniatur bus dan furnitur untuk rumah Barbienya. 

© Istimewa
Monang Siagian mantan atlet yang sukses jadi pengusaha mebel. Copyright: IstimewaMonang Siagian mantan atlet yang sukses jadi pengusaha mebel.

Meski tak lagi menjadi atlet, Monang Siagian masih bisa membuktikan bahwa dirinya mampu menghidupi keluarga tanpa harus bergantung dengan orang lain.