x

Pelatih Bulutangkis Asal Indonesia Gabung India, Ayah PV Sindhu Angkat Bicara

Minggu, 1 Maret 2020 20:35 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Isman Fadil
PV Sindhu, tunggal putri bulutangkis India akan dibimbing oleh pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso.

INDOSPORT.COM - Ayah PV Sindhu mengomentari penunjukkan pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso yang ditugasi membimbig sektor tunggal bulutangkis India jelang Olimpiade Tokyo 2020. 

Asosiasi Bulutangkis India (BAI) mendatangkan pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso, yang nantinya akan dijadikan pelatih di sektor tunggal dan diharapkan mampu membawa para wakil India, seperti PV Sindhu ,Srikanth Kidambi, dan Saina Nehwal sukses di Olimpiade 2020. 

Dipilihnya Agus Dwi Santoso tak lain karena memiliki catatan gemilang dalam kariernya, terutama Olimpiade. Ia bahkan berhasil membawa Hendrawan meraih medali perak Olimpiade Sydney 2000. 

Baca Juga

Agus Dwi Santoso memulai karier dengan menangani sektor tunggal Korea Selatan. Tangan dinginnya berhasil mengantarkan dua pebulutangkis Negeri Ginseng, Son Wan-ho Sung Ji-hyun, meraih prestasi di pentas internasional.

Son Wan-ho sempat meraih status runner-up tunggal putra Kejuaraan Bulutangkis 2017, sementara Sung Ji-hyun secara beruntun menempati posisi runner-up untuk tunggal putri edisi 2017 dan 2018. Berkat taktik kece Agus, Son Wan-ho, bahkan sempat menjadi tunggal putra nomor satu dunia.

Tak ayal, India bersedia merogoh kocek 8.000 dolar AS (Rp115 juta) setiap bulannya hingga Olimpiade 2020 usai. Jika ditotal, BAI menyiapkan lebih dari setengah miliar rupiah untuk mendatangkan Agus Dwi Santoso.

Baca Juga

Sang pelatih dikabarkan akan tiba di Negara Anak Benua pada minggu pertama atau kedua Maret mendatang. Apabila berhasil di Olimpiade 2020, India akan melanjutkan kontrak Agus Dwi Santoso. 

Ayah Sindhu, PV Ramana mengatakan pengangkatan Santoso akan memberikan keuntungan tambahan bagi para pemain tunggal yang ingin tampil maksimal dan berambisi meraih medali emas. 

"Tak hanya untuk Sindhu, ini merupakan keputusan yang tepat bagi semua pemain yang berusaha lolos dan bersiap tampil di Olimpiade," ujar Ramana seperti dikuti dari Times of India.

Sebelumnya, beberapa nama pelatih asing sukses membawa dampak positif di bulutangkis India. Mereka adalah Tan Kim Her dari Malaysia, Mulyo Handoyo asal Indonesia, dan Kim Ji Hyun dari Korea. 

Olimpiade Tokyo 2020PV. SindhuBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis India (BAI)Agus Dwi Santoso

Berita Terkini