x

Khianati Tong Sin Fu, Lin Dan Tak Butuh Pelatih untuk Jadi Legenda Bulutangkis

Rabu, 29 Juli 2020 06:49 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Legenda bulutangkis China, Lin Dan, mengakui bahwa dirinya tidak membutuhkan sosok pelatih untuk menjadi pebulutangkis yang hebat.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis China, Lin Dan, mengakui bahwa dirinya tidak membutuhkan sosok pelatih untuk menjadi pebulutangkis yang hebat. Legenda tunggal putra China itu justru mengatakan bahwa rival abadinya, Lee Chong Wei, yang dianggapnya lebih ‘berjasa’ dibanding Tong Sin Fu, pelatih yang dianggap legenda di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi BWF, Lin Dan mengakui bahwa Lee Chong Wei sebagai sosok yang mengubahnya menjadi pebulutangkis yang dikenang oleh banyak pencinta olahraga tepok bulu tersebut. Sengitnya rival antar keduanya saat masih aktif bermain memang dianggap sebagai salah satu rivalitas terbaik yang pernah ada di ranah bulutangkis.

Baca Juga
Baca Juga

“Terkadang, memiliki rival yang sangat kuat itu lebih penting dari seorang pelatih,” ucapnya dikutip dari situs resmi BWF.

“Kemampuannya, kecepatannya, dan tekadnya yang kuat secara tidak langsung mendorongmu untuk tampil lebih baik lagi,” puji Lin Dan kepada Lee Chong Wei.

“Dia adalah sosok yang penuh karisma, dan memiliki tubuh yang sangat atletis. Dia selalu latihan setiap hari untuk dapat ke posisi puncak, dan dapat mengalahkan saya dan menjadi juara,” ucap Lin Dan soal Lee Chong Wei.

Secara tidak langsung, Lin Dan seakan melupakan sosok  Tong Sin Fu, pelatih bulutangkis yang melegenda di Indonesia serta China. Seperti kita ketahui, di balik kesuksesan Lin Dan ada sosok pelatih asal Indonesia yang mengorbitkan bakatnya. Sosok pelatih itu bernama Tong Sin Fu. 

Tong Sin Fu bersama dengan Liang Chiu Sia merupakan dua pelatih legendaris yang mengantarkan para pebulutangkis besar Indonesia seperti Susi Susanti dan Alan Budikusuma berperstasi di puncak tertinggi dunia. 

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun Tong Sin Fu lahir di Indonesia dan mencetak banyak pebulutangkis berbakat yang pernah ada di Tanah Air, dirinya kala itu kesulitan mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Hal inilah yang membuat dirinya memilih kembali ke China melatih di sana.

Di bawah kepelatihan Tong Sin Fu lahir pebulutangkis-pebulutangkis hebat yang pernah dimiliki Negeri Tirai Bambu. Sebut saja nama-nama seperti Xia Xuanze, Xi Jinpeng, pasangan Cai Yun/Fu Haifeng, dan tentu saja Lin Dan. 

Lee Chong WeiLin DanTong Sin FuRaketBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini