x

Resmi, Takeshi Kamura dan Hiroyuki Endo Putuskan Gantung Raket

Kamis, 9 September 2021 19:02 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Dua pemain bulutangkis ganda andalan Jepang, Takeshi Kamura dan Hiroyuki Endo, dikabarkan resmi gantung raket alias pensiun sebagai pemain bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Dua pemain bulutangkis ganda andalan Jepang, Takeshi Kamura dan Hiroyuki Endo, dikabarkan resmi gantung raket alias pensiun sebagai pemain bulutangkis.

Melansir dari Yahoo JP, sejumlah dikabarkan pemain mundur dari Tim Nasional Jepang dan tak akan tampil di Piala Sudirman yang digelar pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Mereka adalah Hiroyuki Endo dan pasangan ganda putra peringkat 6 dunia Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Pada Rabu (08/09/21), media Jepang itu memberitakan pengunduran diri ketiga pemain senior tersebut.

Rupanya, ketiga pemain tersebut tak hanya sebatas pensiun dari tim nasional, melainkan juga dari dunia bulutangkis. Ketiganya dikabarkan pensiun sebagai pemain alias gantung raket.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, hingga berita ini diturunkan hanya dua nama yang sudah secara resmi dinyatakan akan pensiun sebagai pemain. Mereka adalah Takeshi Kamura dan Hiroyuki Endo.

Takeshi Kamura (31 tahun) secara resmi memberikan pernyataan pamit sebagai pemain bulutangkis melalui postingan di media sosial instagram miliknya @kamura_takeshi. Sedangkan Hiroyuki Endo yang sudah berusia 34 tahun dikabarkan akan menjadi pelatih di salah satu klub bulutangkis Jepang, Nihon Unisys.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, belum ada pernyataan resmi dari Keigo Sonoda, Meski begitu, kuat dugaan Keigo Sonoda akan mengikuti keputusan rekannya, Takeshi Kamura, untuk pensiun. Sebab, usia Keigo Sonoda juga tak muda lagi yakni 31 tahun.


1. Banjir Dukungan

Ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda

Pebulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Kevin Sanjaya ramai-ramai memberi dukungan kepada rivalnya dari Jepang, Takeshi Kamura, yang memutuskan pensiun.

Takeshi Kamura mengunggah sebuah pesan panjang di akun Instagram-nya yang menyatakan dirinya menolak panggilan timnas sekaligus gantung raket.

Seperti diberitakan kali ini, saya akan menolak mewakili tim Jepang,” ungkap Takeshi.

Karier bulutangkisnya di Timnas Jepang sudah berlangsung selama 14 tahun, dan selama itu dirinya tidak kehilangan posisi sebagai pemain andalan sekaligus kapten untuk negaranya.

Dengan usianya sudah 31 tahun, pasangan main Keigo Sonoda ini berpikir sudah seharusnya dia memberikan tongkat estafet bulutangkis Jepand kepada para juniornya.

Rencana gantung raket sejatinya sudah terpikirkan sejak Olimpiade Rio, namun dukungan orang-orang daan tanggung jawab memenangkan medali membuat dia mengurungkan niat dan tampil di Tokyo.

Sekarang saya bebas dari berbagai hal dan menikmati bermain bulu tangkis,” lanjut Kamura

"2021 sebentar lagi (berakhir)... Saya belum memutuskan apa pun tentang masa depan, tetapi saya akan terus melakukan yang terbaik sehingga saya dapat berperan aktif di tempat baru melalui bulu tangkis,” tandasnya soal rencana masa depannya.

Postingan ini pun langsung dibanjiri komentar dari sesama pebulutangkis dunia, termasuk tiga rivalnya dari Indonesia, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Kevin Sanjaya.

Hendra Setiawan mengatakan, “Sampai jumpa kembali.”

Lain halnya dengan Mohammad Ahsan yang mengaku akan selalu merindukan sosok Takeshi Kamura di lapangan. Namun Ahsan tetap mendoakan yang terbaik untuk masa depannya.

Saya akan selalu merindukan Anda di lapangan. berharap yang terbaik untuk masa depan,” tulis Ahsan.

JepangBulutangkisTakeshi Kamura/Keigo SonodaHiroyuki EndoHiroyuki Endo/Yuta WatanabeBerita Bulutangkis

Berita Terkini