x

Pebulutangkis Cantik Korea Selatan, Kim Ha-na Memutuskan Gantung Raket

Sabtu, 20 November 2021 03:56 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
Pebulutangkis spesialis ganda campuran Korea Selatan, Kim Ha-na, pada Sabtu (19/11/21) mengumumkan gantung raket melalui media sosial instagram.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis spesialis ganda campuran Korea Selatan, Kim Ha-na,  pada Sabtu (19/11/21) mengumumkan gantung raket melalui media sosial instagram.

Diketahui, Kim Ha-na pernah menduduki ranking 1 dunia bersama Ko Sung-hyun di sektor ganda campuran. Dia juga pernah menduduki ranking 5 dunia ganda putri bersama Jung Kyung-eun.

Duet Ko Sung-hyun/Kim Ha-na menajdi salah satu pesaing ketat dari trio ganda campuran Asia, yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Zhang Nan/Yao Yunlei, serta Xu Chen/Ma Jin.

Duetnya bersama Jung Kyung-eun juga tak kalah moncer dengan menyabet beragam gelar, seperti medali perak Kejuaraan Asia 2014 dan gelar India Open 2012.

Kim Ha-na juga menjadi bagian dari tim Korea Selatan yang memenangkan Piala Sudirman pada tahun 2017. Dari perjalanan karier-nya itu, Kim Ha-na diluputi keputusan gantung raket pada tahun 2018 yang cukup mengejutkan.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, pada tahun 2019, dia memutuskan untuk comeback kembali ke turnamen Internasional untuk berduet dengan Kim Sa-rang di sektor ganda campuran.

Meski prestasi yang didapatnya tak secerah sebelumnya, namun duet Kim Sa-rang/Kim Ha-na mampu meraih gelar di Spains Masters 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Kala itu, di final, Kim Sa-rang/Kim Ha-na mampu meraih kemenangan 15-21, 21-11, 21-10 atas wakil Prancis Tom Qichuel/Delphine Delrue.

Namun pada Sabtu (19/11/21), dirinya kembali memutuskan untuk gantung raket yang diumumkan melalui instagram pribadinya @cloud_nine_hn, Kim Ha-na menyatakan keputusannya untuk gantung

“Haruskah saya menyebut diri saya mantan pemain sekarang? Pada 2018, saya mengundurkan diri dari tim nasional dan saya benar-benar berhenti bermain bulu tangkis pada 2021, yang telah saya mainkan selama 21 tahun.”tulis Kim Ha na.

“Saya akan bekerja keras di kehidupan kedua saya mulai sekarang, tolong dukung saya. Saya belum memutuskan apa yang akan saya lakukan selanjutnya,” tambahnya.


1. Doa dan dukungan penggemar untuk Kim Ha-na

Doa dan dukungan penggemar untuk Kim Ha-na

Kim Ha Na menikah dengan sesama pemain bulu tangkis Rho Ye Wook pada tahun 2018. Setelah pensiun, Kim Ha na  akan berfokus untuk membina rumah tangganya bersama sang suami.

Komentar-komentar kesedihan pun bermunculan dan doa terbaik pun bermunculan, tak hanya penggemar lokal namun juga mancanegara turut merasakan kehilangan.

“Eonni akan merindukanmu .. selamat datang di kehidupan nyata yang baru dan semoga sukses untuk masa depan,” komentar @ginasetiadewi24

“Selamat atas karier yang hebat dan semua yang terbaik untuk masa depan!” komentar @laney_118

“Eonni selamat pensiun, terima kasih atas semua kerja kerasmu!!” komentar @runeuforia10

“Kami akan sangat merindukanmu, Kim Ha Na. Semoga sukses di jalan baru Anda. Akan selalu mendukungmu dari jauh, " komentar @fidia0205

Korea SelatanAsosiasi Bulutangkis KoreaKo Sung Hyun/Shin Baek ChoelBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini