x

Kronologi Skandal Alex de Minaur, Diduga Beli Sertifikat Vaksin Palsu

Sabtu, 19 Februari 2022 16:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Alex de Minaur tengah terseret isu terkait sertifikat vaksin. FOTO: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

INDOSPORT.COM - Setelah dibuat gempar oleh Novak Djokovic, jagat tenis lagi-lagi heboh dengan skandal yang menimpa Alex de Minaur.

Sebelas dua belas dengan rekannya, petenis asal Australia ini tersandung skandal yang berbau vaksin Covid-19. Namun berbeda dengan Djokovic, ia disebut-sebut telah memalsukan status sertifikat vaksin.

Semua berawal dari laporan yang beredar di Spanyol, tentang ‘bisnis’ pemalsuan keabsahan status vaksin yang tengah diselidiki oleh pihak kepolisian.

Nah yang jadi masalah, nama Alex de Minaur diseret-seret sebagai salah satu oknum yang terlibat di dalamnya. Sebagai informasi, Spanyol memang jadi basis pemain yang satu ini selama menjalani tur Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Dari kabar yang beredar, ia diduga sebagai salah satu pembeli yang membayar sejumlah uang untuk mendapatkan sertifikat vaksin dan kini tengah diinvestigasi.

Namun mendengar kabar tersebut, Alex de Minaur langsung angkat bicara. Ia menegaskan bahwa apa yang dituduhkan kepadanya tersebut tidaklah benar.

“Saya ingin menjelaskannya bahwa seratus persen saya telah melakukan suntikan (vaksinasi) kedua. Saya juga punya catatan yang valid, akurat, dan benar,” ucapnya seperti diwartakan laman BBC.

Melalui akun Twitter-nya, petenis berusia 23 tahun ini juga menerangkan detail vaksinasinya yang dilakukan di dua tempat.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya menerima vaksin pertama di London musim panas lalu, yang kedua di Hospital La Paz, Madrid,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan, ada kabar yang menyebut rumah sakit tempat ia vaksin kini tengah diinvestigasi karena diduga mengeluarkan sertifikat palsu kepada beberapa pasiennya.

Akan tetapi, Alex de Minaur memastikan dirinya tidak terlibat dalam urusan ini. Namanya serta-merta mencuat ke permukaan karena ia merupakan salah satu pasien di tempat tersebut.


1. Setelah Kasus Novak Djokovic

Novak Djokovic juga sempat terseret skandal yang berkaitan dengan vaksin. Foto: REUTERS/Mike Segar.

Meski telah dibantah oleh yang bersangkutan, kabar tentang keterlibatan Alex de Minaur dalam kasus dugaan pemalsuan sertifikat ini pun menambah panjang daftar skandal di dunia tenis yang berkaitan dengan vaksin Covid-19.

Sebelum ini, Novak Djokovic membuat gempar publik dengan dirinya yang ‘ngeyel’ tidak mau divaksin. Partisipasinya di Australian Open pun jadi taruhannya.

Sempat mendarat di bandara Australia, ia justru dicekal dan ‘dikurung’ di sebuah hotel yang biasa dipakai untuk para tahanan imigrasi dan pencari suaka.

Sejumlah orang pun sampai menggelar aksi unjuk rasa di depan hotel dan orang tua Djokovic pun turut mengomel atas perlakuan yang diberikan kepada sang anak.

Djokovic pada akhirnya dideportasi dan gagal berlaga di Australian Open, di mana gelar tunggal putra terbaik edisi kali ini jatuh ke tangan rekannya sesama anggota Big 3, Rafael Nadal.

Sementara itu, Alex de Minaur gugur di putaran empat di tangan petenis Italia, Jannik Sinner, 7(7)-6(3), 6-3, 6-4. Ia pun melanjutkan turnya dengan berlaga di ATP Rotterdam dan sampai ke perempat final.

Sayangnya, ia lagi-lagi harus angkat koper lebih cepat dari turnamen. Mantan petenis peringkat 15 dunia tersebut kandas di tangan Stefanos Tsitsipas yang menang mudah 6-4, 6-4.

Novak DjokovicTenisAlex de MinaurBerita TenisVirus Corona

Berita Terkini