x

Skuat India di Piala Thomas dan Uber 2022: Bertabur Pemain Kuda Hitam Mematikan

Kamis, 21 April 2022 21:32 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Asosiasi Bulutangkis Dunia (BAI) telah merilis skuat bermaterikan kuda hitam untuk berpartisipasi dalam kejuaraan beregu putra-putri Piala Thomas dan Uber 2022.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis Dunia (BAI) telah merilis skuat bermaterikan kuda hitam, untuk berpartisipasi dalam kejuaraan beregu putra-putri Piala Thomas dan Uber 2022.

Diketahui, kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas dan Uber 2022 akan berlangsung pada 8-15 Mei 2022 mendatang di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand.

Baca Juga

Para atlet bulutangkis dari 16 negara peserta bakal ambil bagian dalam perhelatan Piala Thomas edisi ke-32, dan Piala Uber ke-29 di Thailand.

Pada edisi sebelumnya, tim putra Indonesia sendiri sukses meraih prestasi apik dengan memboyong trofi Piala Thomas 2020 seusai menang 3-0 atas China di final.

Sedangkan tim putri China juga sukses merebut gelar Piala Uber 2020 usai menang 3-1 atas Jepang di babak final.   Gelar tersebut menjadi yang ke-15 bagi Tim Uber China, dan gelar Piala Thomas ke-14 bagi Indonesia.

Baca Juga

Kini pada ajang Piala Thomas dan Uber 2022, semua negara peserta punya kesempatan yang sama untuk berebut juara. Salah satunya adalah India.

Sebagai negara besar yang kuat dalam bulutangkis, India memang belum pernah mencicipi manisnya meraih trofi Piala Thomas maupun Uber.

Prestasi terbaik bagi India dalam turnamen bulutangkis yang bergengsi tersebut adalah menjadi semifinalis Piala Uber pada edisi 2014 dan 2016 lalu.

Baca Juga

Kini, pada penyelenggaraan Piala Thomas dan Uber 2022, India menjadi salah satu negara ‘kuda hitam’ yang berpotensi untuk menjegal negara-negara unggulan. Terlebih dengan kemajuan yang ditorehkan.

Pada Kamis (21/04/22), Asosiasi Bulutangkis India (BAI) telah merilis skuat untuk Piala Thomas  dan Uber 2022. Siapakah pemain-pemain tersebut? Selengkapnya, ada di halaman kedua.


1. Skuat India di Piala Thomas dan Uber 2022

Skuat India di ajang Piala Thomas dan Uber 2022.

Berdasarkan hasil drawing pada babak penyisihan grup, India tergabung dengan Grup C Piala Thomas 2022 bersama Chinese Taipei, Jerman, dan Kanada.

Sedangkan tim Piala Uber 2022, India tergabung di Grup C bersama Thailand, Malaysia, dan USA. Hanya ada 2 negara terbaik dari masing-masing grup yang berhak ke perempat final.

Baca Juga

Jadi bisa dipastikan, sejak babak awal kompetisi, para pebulutangkis yang terdaftar dalam skuat India, akan berjuang mati-matian demi bisa lololos ke perempat final.

Menilik kekuatan, skuat Piala Thomas 2022 India kali ini cukup mumpuni. 3 sektor tunggal memiliki kekuatan yang diprediksi menyulitkan.

Mereka adalah Lakshya Sen, Srikanth Kidambi, dan Prannoy H.S. Saat ini Lakhsya Sen memang menjadi bintang muda yang bersinar usai meraih gelar India Open 2022 dan runner up All England 2022.

Baca Juga

Selain itu pada sektor ganda, India masih bisa mengandalkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sebagai lapis pertama untuk mendulang poin.

Sementara pada skuat Piala Uber 2022, India mengandalkan mayoritas pemain muda. Terlebih absennya Saina Nehwal. Jadi Pusarla Venkata Sindhu akan menjadi ujung tombak India di edisi Piala Uber 2022.

Berikut adalah skuat lengkap India di ajang kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas dan Uber 2022:

Tim Piala Thomas 2022:

Baca Juga

Tim Piala Uber 2022:


2. Indonesia Optimis Tatap Piala Thomas dan Uber 2022

Indonesia optimis tatap Piala Thomas dan Uber 2022.

Seperti halnya India yang sudah merilis skuat untuk Piala Thomas dan Uber 2022, Indonesia pun sudah merilis untuk turnamen yang sama.

Indonesia cukup optimis meski tergabung dengan grup sulit di ajang tersebut. Tim Piala Thomas Indonesia sendiri tergabung dengan grup neraka bersama Thailand, Korea Selatan, dan Singapura.

Tim Piala Uber Indonesia juga tergabung dengan Jepang, Prancis, dan Jerman. Menyikapi drawing demikian, Kabid Binpres Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rionny Mainaky, melihat bahwa peta kekuatan lawan untuk edisi Piala Thomas-Uber 2022 tak jauh berbeda.

“Hasil undian (Piala Thomas dan Uber 2022) ini tidak mudah ya, baik untuk tim Thomas maupun tim Uber. Kekuatan memang hampir sama dengan tahun lalu karena rentang waktunya tidak terlalu lama,” ujar Rionny Mainaky dilansir dari laman resmi PBSI.

“Tahun lalu kita berada di grup yang juga berat tapi para pemain bisa fokus satu demi satu hingga ke delapan besar, semi final sampai final, dan juara. Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita, mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara,” lanjut Rionny Mainaky

Selengkapnya: Indonesia Masuk Grup ‘Neraka’ di Piala Thomas dan Uber, Begini Komentar PBSI

 

Piala ThomasPiala UberIndiaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis India (BAI)

Berita Terkini