x

Tanpa Marcus Gideon, Ini Skuat Indonesia untuk Piala Thomas dan Uber 2022

Senin, 18 April 2022 15:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Dipastikan tak diperkuat pemain ganda putra Marcus Gideon, berikut ini daftar skuat tim bulutangkis Indonesia yang akan bertanding di Piala Thomas dan Uber 2022

INDOSPORT.COM – Dipastikan tak diperkuat pemain ganda putra Marcus Gideon, berikut ini daftar skuat tim bulutangkis Indonesia yang akan bertanding di Piala Thomas dan Uber 2022 bulan depan.

Sepekan setelah Badminton Asia Championships (26 April-1 Mei) di Manila, Filipina, sorotan dunia akan beralih ke kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas dan Uber 2022.

Baca Juga

Turnamen yang jadi lambang supremasi beregu putra dan putri ini dijadwalkan akan berlangsung pada 8-15 Mei 2022 di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand.

Para atlet bulutangkis dari 16 negara, bakal ambil bagian dalam perhelatan Piala Thomas edisi ke-32, dan Piala Uber ke-29 tersebut.

Pada edisi terakhir, tim putra Indonesia sendiri berhasil meraih prestasi apik usai memboyong trofi Piala Thomas 2020. Tim Garuda sukses membantai skuat China dengan skor telak 3-0 di babak final.

Baca Juga

Sedangkan tim putri China juga sukses merebut gelar Piala Uber 2020 usai menang 3-1 atas Jepang di final. Gelar ini menjadi yang ke-15 bagi Tim Uber China, dan gelar Piala Thomas ke-14 bagi Indonesia.

Melansir dari rilis resmi PBSI yang diterima INDOSPORT, Senin (18/04/22), sebanyak 24 atlet bulutangkis putra dan putri Indonesia dipilih untuk bertanding di edisi tahun ini.

Masing-masing tim Thomas dan Uber terdiri dari lima pemain tunggal dan tujuh pemain ganda.

Baca Juga

Mengusung misi mempertahankan trofi Piala Thomas, Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus Gideon diketahui masih dalam tahap pemulihan usai menjalani operasi pengangkatan tulang kecil pada kakinya di Portugal beberapa waktu lalu.


1. Tanpa Marcus Gideon

Piala Thomas dan Uber.

Akibat cederanya itu, Marcus Gideon absen di ajang Korea Open dan Badminton Asia Championship 2022. Piala Thomas pun jadi ajang berikutnya yang harus dia lewatkan.

Meski Marcus Gideon absen, namun pasangan mainnya Kevin Sanjaya Sukamuljo tetap diberangkatkan ke Bangkok untuk memperkuat tim Piala Thomas.

Baca Juga

Masih belum diketahui siapa pasangan main Kevin Sanjaya di Piala Thomas ini. Namun demi memperkuat sektor ganda, Indonesia mengirimkan tiga pasangan andalan mereka.

Di antaranya, ganda putra no. 2 dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, juara Swiss Open Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Di sektor tunggal putra, Indonesia hampir dipastikan menurunkan tim terkuatnya. Mereka ini juga yang berhasil membawa pulang Piala Thomas ke tanah air tujuh bulan lalu di Aarhus, Denmark.

Baca Juga

Tim tunggal putra akan dipimpin oleh peringkat lima dunia, Antony Sinisuka Ginting. Selain itu ada juga juara Swiss Open 2022 Jonatan Christie. Shesar Hiren Rhustavito juga akan memperkuat tim Thomas.

Indonesia memutuskan tidak mengirimkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Chico Aura Wardoyo karena mereka akan difokuskan ke SEA Games 2022.

Sebagai gantinya, posisi Leo/Daniel akan diisi oleh kampiun All England Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sedangkan posisi Chico akan diisi dua ganda putra sekaligus, Syabda Perkasa Belawa dan Tegar Sulistio.

Sementara itu di sektor putri untuk Piala Uber juga mengalami banyak perubahan. Indonesia dipastikan tidak diperkuat pasangan senior sekaligus peraih emas Olimpiade Tokyo Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Baca Juga

Selain itu, tim uber Indonesia juga tidak akan diperkuat tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan juara Orleans Masters Putri Kusuma Wardani.

Meski demikian, terdapat beberapa alumni skuat juara Badminton Asia Team Championships pada Februari lalu, seperti Bilqis Pratista, Nita Violina Marwah, Febriana Dwipuji, Amalia Cahya Pratiwi, Lanny Tri Mayasari dan Jesita Putri Miantoro.


2. Skuat Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2022

Piala Thomas dan Uber.

Tim Piala Thomas

1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Syabda Perkasa Belawa
5. Tegar Sulistio
6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
7. Mohammad Ahsan
8. Hendra Setiawan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto
11. Bagas Maulana
12. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Piala Uber

1. Komang Ayu Cahya Dewi
2. Aisyah Sativa Fatetani
3. Bilqis Prasista
4. Tasya Farahnailah
5. Siti Sarah Azzahra
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amalia Cahaya Pratiwi
9. Jesita Putri Miantoro
10. Lanny Tria Mayasari
11. Tryola Nadia
12. Melani Mamahit

Piala ThomasPiala UberIndonesiaAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieMarcus Fernaldi GideonBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini