x

Bukan An Se-young, Ini Pemain Kunci Korea Selatan Bisa Rebut Gelar di Piala Uber

Sabtu, 7 Mei 2022 19:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
An Se-young akan memperkuat tim putri Korea Selatan di Piala Uber. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – An Se-young akan memperkuat tim putri Korea Selatan di Piala Uber. Namun dirinya tak akan menjadi pemain kunci bagi tim Negeri Gingseng yang akan berjuang merebut gelar juara di turnamen ini. Lantas siapa?

Tim putri Korea Selatan besutan Sung Ji-hyun berangkat ke Bangkok, Thailand, guna menjalani Piala Uber 2022 yang akan diselenggarakan pada 8-15 Mei 2022.

Baca Juga

Sun Ji-hyun yang dulunya juga mantan pebulutangkis dari Negeri Gingseng tersebut mengandalkan kekuatan muda seperti An Se-young, Kim Ga-eun, Sim Yu-jin, Lee Seo-jin.

Korea sendiri berada di Grup D bersama India, Kanada, dan Amerika Serikat, namun Sung Ji-hyun merasa optimistis bahwa timnya tidak hanya mampu finis di puncak klasemen grup, tetapi juga meraih gelar juara.

“Jika mereka percaya diri, mereka bisa menang. Sebagai pelatih saya ingin mereka memiliki tujuan untuk memenangkan Piala Uber,

"Saya memiliki banyak momen bagus sebagai pemain, jadi sebagai pelatih, saya ingin mereka menargetkan gelar,” kata Sung dilansir dari laman resmi BWF.

Baca Juga

Korea Selatan tentunya bakal mengandalkan An Se-young sebagai tunggal putri pertama di ajang dua tahunan lambang supremasi bulutangkis beregu putri tersebut.

An Se-young tengah berada dalam momentum terbaiknya tahun ini. Pemain berusia 20 tahun ini menjadi runner-up di All England 2022 dan menjari juara di Korea Open 2022.

Akan tetapi, Sung Ji-hyun menyadari bahwa tunggal kedua dan ketiga mungkin harus turun tangan untuk merebut poin.

Baca Juga

Sehingga dia menganggap Kim Ga-eun yang akan berperan sebagai tunggal putri kedua harus memainkan peran kunci.

“Kim Ga-eun bisa menjadi kuncinya,” kata Sung.


1. Kim Ga-eun Jadi Pemain Kunci Korea di Piala Uber 2022

Kim Ga-eun jadi pemain kunci Korea di Piala Uber 2022.

“Ada tekanan padanya; dia harus rileks dan tenang dan fokus pada permainannya. Aku ingin dia percaya pada dirinya sendiri,

"Begitu dia menyadari kemampuannya, dia bisa melakukan jauh lebih baik. Saya tahu itu. Dia bisa gugup tapi aku mencoba menenangkannya,” jelas Sung Ji-hyun.

Baca Juga

Kim Ga-eun, yang usianya lebih tua empat tahun dari An Se-young saat ini menempati peringkat 19 dunia di ranking BWF.

Penampilan terakhirnya adalah di ajang Badminton Asia Championships 2022. Dia terhenti di babak 32 besar usai dikalahkan pemain Indonesa, Putri Kusuma Wardani.

Sementara di Korea Open 2022, dia mampu mencapai babak semifinal sebelum akhirnya dikalahka wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong.

Baca Juga

Selain di sektor tunggal putri, tim Uber Korea Selatan juga bakal mengandalkan sektor ganda putri yang terbilang cukup kuat.

Pasalnya, Korea Selatan memiliki dua pasangan ganda putri peringkat 2 dan 4 dunia yakni Lee So-hee/Shin Seung-chan dan Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Baca Juga

Dalam sejarah Piala Uber, Korea Selatan juga mencatatkan jumlah penampilan yang sama yakni 19 kali, di bawah Jepang, Indonesia, Denmark, dan sejajar dengan China.

Meski demikian, Korea Selatan justru minim gelar. Di Piala Uber mereka baru satu kali menjadi juara pada 2010 lalu dan 7 kali runner-up. Pada edisi tahun lalu, langkah mereka dihentikan Jepang dengan skor 1-3 di semifinal.


2. Profil Korea Selatan di Piala Thomas dan Uber

Profil Korea Selatan di Piala Thomas dan Uber.

Mengandalkan komposisi baru di Piala Uber 2022, Korea Selatan tentunya bakal semakin yakin bisa dengan mudah lolos dari fase grup yang berisikan India, Kanada, dan Amerika Serikat.

Mereka juga diharapkan mampu mengakhiri puasa gelar 12 tahun dengan menyingkirkan unggulan lain seperti China dan Jepang, jika bisa mengamankan tiga angka dari An Se-young, Lee So-hee/Shin Seung-chan dan Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Berstatus salah satu raksasa bulutangkis Asia, Korea Selatan terbilang rutin tampil di Piala Thomas dan Uber sebagai wakil dari benua kuning tersebut.

Di Piala Thomas, Korea Selatan sudah tampil 19 kali di putaran final, hanya kalah dari Denmark, Indonesia, Malaysia, dan China.

Sementara itu di Piala Uber, Korea Selatan juga mencatatkan jumlah penampilan yang sama yakni 19 kali, di bawah Jepang, Indonesia, Denmark, dan sejajar dengan China.

Baca Selengkapnya: Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Korea Selatan, Saatnya Juara Lagi

Piala UberKorea SelatanSung Ji HyunKim Ga EunBulutangkisAn Se-youngBerita Bulutangkis

Berita Terkini