x

3 Ganda Putra Indonesia Calon Penerus Dominasi Minions dan The Daddies di BWF

Jumat, 13 Mei 2022 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga pebulutangkis muda ganda putra Indonesia yang berpotensi bersinar dan bakal jadi penerus dominasi The Minions dan The Daddies pada ajang BWF. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Melihat tiga atlet bulutangkis muda ganda putra Indonesia yang berpotensi bersinar dan bakal jadi penerus dominasi The Minions dan The Daddies pada ajang BWF. Siapa saja mereka?

Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan ganda putra bulutangkis Indonesia memang jadi yang terkuat bahkan mampu mendominasi sejumlah ajang BWF.

Baca Juga

Dua ganda putra Indonesia yang paling bersinar saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, bahkan berhasil memuncaki ranking BWF.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon jadi yang teratas dengan mengoleksi 111,827 poin, sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di tempat kedua usai mengumpulkan 104,130 angka.

Jauh sebelum era Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang lebih dikenal sebagai The Minions dan The Daddies, ganda putra Indonesia juga memiliki beberapa pasangan bulutangkis fenomenal.

Baca Juga

Sebut saja pada tahun 90-an, ada ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade 1996.

Pada partai final, Rexy/Ricky berhasil menaklukkan wakil Malaysia, Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock, dengan rubber game 5-15, 15-13 dan 15-12.

Selai itu, deretan gelar juara bergengsi juga mampu Rexy/Ricky persembahkan untuk Indonesia, seperti juara All England dua kali berturut-turut 1995 dan 1996, juara dunia 1995, juara Indonesia Open 1993 dan 1994, juara Asian Games 1994 dan 1998.

Baca Juga

Berkaca dari rekam prestasi masa lalu serta pencapaian The Minions dan The Daddies saat ini, tak heran jika kekuatan ganda putra bulutangkis Indonesia jadi salah satu yang paling ditakuti di ajang BWF.

Bahkan, setelah The Minions dan The Daddies habis nanti, sejatinya Indonesia sudah memiliki tiga pasangan ganda putra yang diprediksi bakal tampil bersinar di turnamen bulutangkis dunia.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri terhenti di perempat final Korea Masters 2022. Foto: PBSI

Nama pertama adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan.

Walau merupakan pasangan ganda putra baru, namun Yeremia Erich Yoche dan Pramudya Kusumawardana sempat menorehkan prestasi mentereng.

Baca Juga

Salah satunya dengan menjadi runner-up Iran International Challenge pada tahun 2019.

Selain itu, duet Pramudya/Yeremia di bawah kepelatihan Herry Iman Pierngadi dan Aryono berhasil menyabet gelar juara Spain Masters 2021 serta Belgian International 2021.

Teranyar, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan berhasil meraih medali emas pada ajang Badminton Asia Championships 2022 setelah mengalahkan unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga

Berkat pencapaian tersebut, ganda putra yang masih berusia 21 dan 22 tahun ini berhasil merangsek ke peringkat 17 ranking BWF per 10 Mei 2022 ini.

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Berikutnya ada Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Pasangan ganda putra muda asal Indonesia lainnya yang juga memiliki prestasi mentereng di sejumlah ajang BWF.

Memiliki rentan usia yang sama dengan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan (22 dan 23 tahun), pasangan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana berhasil dua kali naik podium juara BWF World Tour.

Baca Juga

Paling mentereng adalah keberhasilan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjuarai All England Open tahun 2022, setelah di partai final mengalahkan sesama wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pencapaian gemilang lain Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana di ajang BWF antaranya adalah menjadi semifinalis Korea Open serta peringkat kedua Asia Team Championships.

Berbekal catatan gemilang sepanjang tahun 2020 hingga 2022 ini, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sukses merangsek ke peringkat 20 ranking BWF dengan perolehan 56,702 poin.


2. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Terakhir adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan ganda putra jebolan PB Djarum ini bisa dibilang sebagai wakil Indonesia nomor beregu yang paling potensial, jika dilihat dari rekam jejak prestasi serta usia keduanya.

Masih berusia 20 tahun, namun Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu membantu Timnas Indonesia menjuarai Piala Thomas tahun 2020 lalu.

Baca Juga

Selain itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga sukses meraih medali emas dalam ajang World Junior Championships di dua kategori yakni ganda putra serta mixed team.

Sementara di level BWF, keduanya mampu memenangi tiga gelar BWF International Challenge yakni Bangladesh International, Turkey International serta Malaysia International.

BWFHendra Setiawan/Mohammad AhsanMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini