x

Piala Thomas 2022: Usai Dibantai Indonesia, China Langsung Rilis 2 Keputusan Mengejutkan

Jumat, 13 Mei 2022 14:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Asosiasi Bulutangkis China (CBA) langsung mengeluarkan 2 keputusan mengejutkan usai tim putranya kena bantai Indonesia di babak perempat final Piala Thomas 2022.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis China (CBA) langsung mengeluarkan dua keputusan mengejutkan usai tim putranya kena bantai Indonesia di perempat final Piala Thomas 2022.

Sebagaimana diketahui, pada 8-15 Mei 2022, sedang berlangsung kejuaraan bulutangkis beregu putra Piala Thomas 2022, di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Dari 16 negara yang berpartisipasi, China adalah salah satunya. Sebagai penyabet 10 gelar juara, tentu China menjadi salah satu kandidat kuat juara Piala Thomas 2022.

Namun, langkah China di Piala Thomas tahun ini sudah berat sejak awal. Pasalnya, 2 raja bulutangkis China, Chen Long dan Shi Yuqi absen dari skuat Piala Thomas 2022.

Praktis, China hanya mengandalkan para pemain mudanya di sektor tunggal seperti Zhao Jun Peng, Lu Guang Zu, Li Shi Feng, Sun Feixiang, hingga Weng Hong Yang.

Baca Juga

Begitupun dengan di sektor ganda. Usai Li Junhui pensiun, China hanya mengandalkan beberapa kombinasi senior-junior untuk memperkuat tim.

Direktur Asosiasi Bulutangkis China, Zhang Jun, bahkan sedari awal pesimis bahwa timnya bisa melaju jauh untuk menggapai gelar juara. Dilansir dari laman Aiyuke, target realistis China adalah melaju ke semifinal Piala Thomas 2022.

Sayangnya, meski targetnya sudah diturunkan, namun ambisi Zhang Jun tak tergapai. Hal itu lantaran China sudah dibantai 0-3 oleh Indonesia di perempat final Piala Thomas 2022, Kamis (12/5/22).

Baca Juga

Nama-nama seperti Zhao Jun Peng, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi, dan Li Shi Feng langsung kandas di tiga partai pertama saat berhadapan dengan juara bertahan Indonesia.

Usai kekalahan telak China atas Indonesia di semifinal Piala Thomas 2022, Asosiasi Bulutangkis China (CBA) langsung mengeluarkan dua keputusan mengejutkan.


1. 2 Keputusan Mengejutkan China

Shi Yuqi yang sedang menjalani hukuman skorsing 1 tahun, dikabarkan kembali ke kamp pelatihan pasca China tumbang dari Indonesia di Piala Thomas 2022.

Melansir laman media lokal China, Sohu, ada 2 keputusan mengejutkan yang langsung dikeluarkan oleh Asosiasi Bulutangkis China (CBA) pasca timnya dikalahkan Indonesia di Piala Thomas 2022.

Bunyinya demikian, “Pengumuman resmi! China mengalami kegagalan, dan 2 pemain terkenal resmi kembali. Shi Yuqi mencabut larangan lebih cepat dari jadwal, dan Chen Long tidak pensiun.”

Baca Juga

Keputusan memanggil Chen Long dan Shi Yuqi ke kamp pelatihan bulutangkis China tentu saja mengejutkan. Betapa tidak. Mari bahas satu per satu alasan mengapa dua keputusan itu mengejutkan.

Keputusan pertama adalah mendatangkan kembali Shi Yuqi ke pelatnas China.  Padahal belum lama ini diumumkan bahwa sang atlet sedang menjalani skorsing internal 1 tahun karena sebuah kontroversi.

Kontroversi itu adalah tanggapan dari adanya kecaman publik kepada Shi Yuqi yang dianggap melakukan tindakan tak sportif saat mundur pada kedudukan 20-22 dan 5-20 di semifinal Piala Thomas 2020.

Baca Juga

Dalam wawancara selepas laga, kendati dia mengungkap kondisi fisiknya yang tak mumpuni, namun Shi Yuqi menyebut dirinya belum kalah secara teknis dari Kento Momota. Hal itu adalah awal kontroversi.

Keputusan kedua adalah membatalkan wacana pensiun Chen Long. Sebenarnya, usai Olimpiade Tokyo 2022,  Chen Long tak aktif bermain. Dia sudah mewacanakan pensiun pasca Asian Games 2022.

Chen Long  akan putuskan banting stir menjadi pelatih di tim nasional China jika sudah tak aktif bermain. Namun, belum lama diketahui bahwa Asian Games 2022 ditunda.

Baca Juga

Belum diketahui pasti rencana Chen Long pasca penundaan Asian Games 2022 itu. Namun dengan kembalinya dia ke kamp pelatihan pasca China tumbang dari Indonesia di Piala Thomas 2022, menandakan Chen Long masih sangat dibutuhkan China sebagai pemain.

Disinyalir, Chen Long mungkin masih tetap diproyeksikan untuk Asian Games 2022. Sementara Shi Yuqi berkesempatan untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.


2. Jadwal Semifinal Piala Thomas-Uber 2022

Jadwal semifinal Piala Thomas-Uber 2022, Jumat (13/05/22).

Berbanding dengan China yang langsung berbenah pasca tersingkir dari Piala Thomas 2022, tim putra Indonesia pun masih terus berjaya melanjutkan perjuangannya di babak semifinal.

Skuat Indonesia bakal berhadapan dengan tim kuat Jepang di semifinal, Jumat (13/05/22) pukul 18.00 Dalam misi mempertahankan gelar, Indonesia dituntut maksimal dan mengantisipasi amukan Jepang.

Selain  laga Indonesia vs Jepang, ada pula laga Denmark vs India yang akan bertanding di semifinal Piala Thomas 2022 hari ini.

Sementara, pada perhelatan Piala Uber 2022, tim bulutangkis Jepang akan berhadapan dengan Korea Selatan. Sementara tim uber Thailand akan berjumpa China.

Baca selengkapnya: Jadwal Semifinal Piala Thomas 2022: Jepang Menanti, Garuda Siap Terbang Tinggi
 

Piala ThomasChinaBulutangkisBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaAsosiasi Bulutangkis China (CBA)

Berita Terkini