x

Piala Thomas 2022: Kalah Tragis dari India, Tunggal Putra Malaysia Sampai Berlinang Air Mata

Jumat, 13 Mei 2022 11:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Malaysia ranking 124 dunia, Leong Jun Hao, berlinang air mata usai menjadi penentu kekalahan tragis timnya di perempat final Piala Thomas 2022.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Malaysia ranking 124 dunia, Leong Jun Hao, berlinang air mata usai menjadi penentu kekalahan tragis timnya di perempat final Piala Thomas 2022.

Sebagaimana diketahui, pada 8-15 Mei 2022 sedang berlangsung kejuaraan bulutangkis beregu putra Piala Thomas-Uber 2022, di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Dari 16 negara yang berpartisipasi, Malaysia adalah salah satunya. Negeri Jiran mengusung ambisi untuk mengulang sukses saat mereka menjadi kampiun Piala Thomas 1992.

Sejak awal, peluang terbuka lebar untuk mencapai misi itu. Pertama, Malaysia sukses mencukur Amerika Serikat dan Inggris dengan skor telak 5-0 di fase penyisihan grup.

Kemudian, Lee Zii Jia dkk juga sukses menang tipis 3-2 atas tim kuat Jepang untuk memastikan diri ke perempat final sebagai juara Grup D.

Baca Juga

Peluang kembali terbuka saat Malaysia berjumpa tim bulutangkis India di perempat final Thomas 2022.  Tampil lebih diunggulkan, Malaysia percaya diri sejak partai pertama diamankan oleh Lee Zii Jia.

Sayangnya, Nur Izzuddin/Goh Sze Fei  harus kandas dari Satwiksairaj/Chirag Shetty di partai kedua. Saat imbang 1-1, India justru berbalik unggul dari kemenangan Srikanth Kidambi atas Ng Tze Yong .

Beruntung, ganda gado-gado Aaron Chia/Teo Ee Yi sukses memperpanjang nafas Negeri Jiran usai menumbangkan pebulutangkis muda India Krisha Prasad/Vishnuvardhan.

Baca Juga

Apesnya, Leong Jun Hao yang tampil sebagai tembok terakhir Malaysia, harus menghadapi Prannoy H. S. Secara ranking,  wakil India unggul jauh, namun Leong Jun Hao punya keunggulan head to head.

Sayangnya, Leong Jun Hao kocar-kacir dalam kekalahan 13-21, 8-21. Kekalahan di Piala Thomas 2022 itu, membuat Malaysia gagal ke semifinal.  Hal itu membuat Leong Jun Hao sangat terpukul sampai tak bisa berkata-kata.


1. Kesedihan Mendalam Leong Jun Hao

Tunggal putra Malaysia, Leong Jun Hao, terpukul dan menangis usai jadi penentu kekalahan timnya atas India di perempat final Piala Thomas 2022.

Melansir laman Bernama, Leong Jun Hao tidak bisa berkata-kata dan terpukul saat berusaha diwawancara pasca kegagalannya di perempat final Piala Thomas 2022.

Kesedihan itu cukup beralasan. Terlebih Malaysia sendiri sudah 30 tahun menanti bisa  kembali merasakan sebagai kampiun Piala Thomas.

Baca Juga

“Saya hanya tidak tahu harus berkata apa. Saya gagal berkontribusi untuk Malaysia,” ucap Leong Jun Hao sambil berlinang air mata.

Tak banyak berkomentar menandakan kesedihan mendalam yang dirasakan oleh Leong Jun Hao bersama skuat Malaysia di Piala Thomas 2022.

Sebaliknya, India justru sedang merayakan pertama kalinya mereka bisa melangkah ke semifinal Piala Thomas usai 40 tahun menanti.

Baca Juga

Pasalnya, melansir @badmintontalk, India memang belum pernah juara Piala Thomas. Bahkan mereka terakhir ke semifinal pada Piala Thomas 1979 di Jakarta.

Untuk itulah, sebagai tunggal putra yang tampil di partai kelima saat jumpa Malaysia, Prannoy HS merasa bangga bisa mengantarkan bulutangkis India ke semifinal Piala Thomas 2022.

“Tekanan selalu ada ketika skor menjadi imbang 2-2. Asya merasa edisi (Piala Thomas) kali ini adalah jendela bagi kami untuk tampil all out,” ucap Prannoy H.S.

Baca Juga

Selanjutnya, India akan berjumpa tim kuat Denmark di babak semifinal Piala Thomas 2022, Sabtu (13/05/22). Meski berat, namun Prannoy H.S merasa bahwa semua lawan bisa dikalahkan.

“Saya sangat mengenal diri saya sendiri. Saya bisa mengalahkan siapapun, tetapi saya harus lebih konsisten. Karena itulah yang akan membuat Anda lebih baik,” pungkas Prannoy H.S.


2. Lee Zii Jia Nilai Indonesia Tak Segarang Dulu di Piala Thomas

Lee Zii Jia nilai bahwa tanpa Marcus Gideon, kekuatan Indonesia Tak Segarang Dulu di Piala Thomas 2022.

Sebelum Malaysia tersingkir dari India di babak perempat final Piala Thomas 2022, tunggal putra andalannya, Lee Zii Jia, memberikan penilaian tentang kekuatan Indonesia di ajang ini.

Menurut kompatriot Leong Jun Hao tersebut, tanpa kehadiran Marcus Gideon yang masih pemulihan pasca operasi pada kakinya, Indonesia dinilai tak sekuat dulu.

“Saya rasa kedelapan tim yang lolos ke perempat final memiliki kans yang sama di turnamen ini. Jika kita perhatikan, banyak juga pemain kunci yang mengalami kekalahan seperti Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia),” kata Lee Zii Jia, dilansir dari BHarian.

“Meski Indonesia tampil sebagai juara tahun lalu tapi kali ini mereka terlihat kurang karena absennya Marcus Fernaldi Gideon (pemain ganda Indonesia). Mereka juga mendapat perlawanan sengit dari Korea,”

“Jadi, semua tim punya peluang dan itu tergantung performa pemain di hari pertandingan,” papar Lee Zii Jia, pebulutangkis Malaysia.

Baca selengkapnya: Marcus Gideon Absen, Lee Zii Jia Sebut Indonesia Tak Segarang Dulu di Piala Thomas 2022
 

Piala ThomasMalaysiaIndiaBulutangkisBerita BulutangkisLeong Jun Hao

Berita Terkini